Cara atasi data seluler tidak bisa aktif di hp oppo

Dketik.com - Bagaimana Cara atasi data seluler tidak bisa aktif untuk hp oppo? jika data seluler tidak muncul artinya tidak aktif, maka pengguna ponsel tersebut tidak bisa internetan sama sekali, sedangkan untuk menggunakan smartphone secara maksimal harus terhubung dengan internet. jika hal ini terjadi maka yang harus dilakukan adalah melakukan sedikit riset dan tindakan setting internet di hp tersebut.
Cara atasi data seluler tidak bisa aktif di hp oppo
Data seluler yang tidak muncul mesikipun sudah di aktifkan pastinya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa saja faktor ini dari si ponselnya sehingga harus dilakukan pengautran secara manual, bahkan terjadi kerusahakan dari siponel tersebut. namun kerusakan ponsel ini jarang sekali terjadi.

data seluler tidak muncul juga bisa disebabkan oleh si kartu yang digunakan apakah kartu tersebut sedang terjadi trobel dari towernya atau dari provider yang digunakan memiliki signal bar yang begitu lemah. signal lemah ini bisa disebabkan oleh konter tanah atau bangunan yang menghalangi tower yang mongkover lokosai tersebut atau pengguna terlalu jauh dari tower pemancar.

Oleh sebab itu Cara atasi data seluler tidak bisa aktif di hp oppo perlu dilihat dari beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu dari ponsel berupa settingan internetnya apakah sudah sesuai apa belum atau dari kartu yang digunakan apakah sedang terjadi troble.

Cara atasi data seluler tidak bisa aktif di hp oppo


Sebelum melakukan tindakan untuk mengatasi data seluler yang tidak muncul ini perlu adanya riset kecil terlebih dahul, karena data seluler yang tidak muncul ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, sehingga kita tidak salah menyimpulkan penyebabnya, yang perlu diperhatikan dari riset ini bisa diawalali dari kartu yang digunakan


1. jaringa Singal tidak muncul

Yang perlu diperhatikan yang pertama adalah signal di ponsel tersbut ada atau tidak, karena jika signal bar itu tidak muncul sudah bisa disimpulkan jika data seluler tidak akan menyala, oleh karena itu bisa jadi ponsel yang berkendala atau dari kartunya yang berkendala entah itu kartunya rusak secara fisik atau secara system


2. sudah tergistrasi

Saat ini setiap pengguna kartu baru dari provider apapun wajib melakukan registrasi dengan data yang valid yaitu mendaftarkan dengan NIK ktp dan KK (kartu keluarga), meskipun prakteknya setiap menggunakan kartu baru sudah bisa digunakan, akan tetapi system pemerintah akan terus memantau setiap nomor yang aktif, jika dibaca oleh system terdaftar dengan data tidak valid maka akan diblokir sementara


3. kartu dalam keadaan aktif

Kartu dalam keadaan aktif ini bisa diartikan nomor sudah diregistrasi, jika nomor masih dalam keadaan belum diregistrasi maka pada saat dimasukan ke dalam ponsel akan normal-normal saja yaitu signal barnya akan tetap muncul akan tetapi tidak bisa menggunakan data seluler-nya.


4. Berada dilokasi yang sulit dijangakau jaringan

Data seluler yang tidak bisa muncul juga bisa disebabkan oleh keberadaan lokasi yang terhalang oleh kontur tanah yang tinggi atau bangunan yang tinggi sehingga menghalangi tower pemancar. selain keberadaan lokasi yang terhalang oleh benda yang tinggi , jaringan juga dipengaruhi oleh jarak dengan tower yang sangat jauh. Maka ciri-ciri utamanya adalah signal bar tidak penuh atau jaringan lemah



Bagaimana Cara mengatasi data seluler tidak bisa aktif di hp oppo


Kenapa data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan dan jika dilihat dari signal bar tidak ada masalah alias full bar. jika riset kecil diatas sudah dilakukan tetapi masih tidak muncul data selulernya maka masih ada satu legi tahap pengecekana untuk mengatasi keadaan ini:


Setting ulang Koneksi


Seperti yang dikutip di Suara.com untuk mengatasi data seluler yang tidak muncul bisa diatasi dengan menyetel ulang koneksi jaringan itu sendiri, caranya sangat mudah sekali akan tetapi cara ini hanya berlaku untuk ponsel yang menggunakan jaringa CDMA. untuk cara menyetelnya seperti mengecek pulsa lewat panggilan, apabila ponsel yang digunakan bukan CDMA maka langkah ini bisa diskip

 Nama Ponsel
 Kode
 Google Pixel
 *#*#72786#*#*
 Nexus 5
 #*#*72786#*#*
 Nexus 6
 *#*#72786#*#*
 Moto G5
 *#*#72786#*#*
 Android lainnya
 ##72786#



Mode Pesawat atau Restar perangkat


Mode pesawat dan restar perangakat memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk merifres jaringan di ponsel, hanya saja keduanya memiliki perbedaan dari kemudahannya saja. untuk melakukan mode pesawat atau restar perangkat disarankan utnuk memberikan jeda selama 2 hingga 3 menit. misalnya menyalakan mode pesawat selama 2-3 menit lalau mematikan kembali.


Memastikan Sim Card Sudah terpasang Dengan Benar


Jika data seluler dinyalakan namun tidak muncul juga maka perlu dicek kembali dari sim kartu yang dimasukan sudah benar, Bukannya hal ini tidak masalah? iya memang hal ini tidak menjadi masalah, akan tetapi dibeberapa provider ada yang menerapkan kartu harus menjadi kartu utama atau lebih tepatnya diletakan di slot satu.

Biasanya kartu ini adalah kartu yang hanya menggunakan jaringa 4G saja, seperti kartu Smartfren, kartu smartfren sendiri ini tidak memiliki jaringan selain 4G, hal ini bisa dibedakan ketika menggunakan kartu selain smartfren pada saat jaringan 4G tidak ada maka akan berpindah ke jaringan 3G dll, akan tetapi pada kartu smartfren hal tersebut tidak akah terjadi.



Setting Ulang APN


APN ( akses poin name) jika ponsel menggunakan bahasa indonesia disebut Nama titik akses, APN adalah sarana untuk menghubungkan ponsel dengan internet, oleh sebab itu setting APN perlu dilakukan, setiap provider memiliki setting APN yang berbeda, dan biasanya setting APN ini akan secara otomatis tersetting jika kartu diaktifkan diponsel, namun ada beberapa yang bisa tersetting otomatis jika kartu tersebut diletakan di slot satu, untuk letak Setting APN hp oppo bisa mengiktui langkah berikut ini

  • Buka menu pengautan ponsel
  • Piilih sim yang akan disetting APN-nya
  • Pilih APN ( Akses Poin Name / Nama titik akses)
  • Pilih tanda seru (!) untuk mengedit / Pilih (+) untuk baru APN

Pastinya Setiap model hp oppo memiliki sedikit perbedaan untuk letak Setting APN-nya oleh sebab itu untuk mencari letak Settingan tersebut jangan berpatokan langkah diatas, dan setiap provider memiliki settingan APN yang berbeda maka bisa disesuaikan dengan provider yang digunakan, misalnya smartfren, bisa mengikuti settingan berikut:

 NAMA SETINGAN
 Nma / Name Smartfren4G
 APN Smartfren4G
 User Name
 smartfren
 Password / Kata sandi
 smartfren



Format Factory


Jika ponsel berkendala dari segi performa dan yang lainnya maka format factory selalu menjadi solusi terakhir yang mujarab. cara ini memiliki siko seperti menghapus settingan ponsel, menghapus data yang tersimpan dipenyimpanan internal dan menghilangkan aplikasi yang diinstal oleh penggunanya. Meskipun demikian format factory ini bukan cara yang akan memberikan dampak pada ponsel melainkan akan memberikan dampak yang positif, karena secara tidak langsung format factory juga mengembalikan settingan bawaan pabrik, dan sudah pasti settingan standar dari ponsel tersebut.

jika data seluler pada ponsel tidak muncul meskipun sudah dilakukan tindakan maka solusi terakhirnya bisa menggunakan cara ini. namun dipastikan kembali untuk menggunakan cara ini sebagai solusi terakhir saja.



Kesimpulan


Kenapa data seluler sudah diaktifkan akan tetapi tidak bisa digunakan alias tidak bisa akses inernet? jika hal tersbut terjadi maka banyak faktor yang menyebabkannya, namun cara atasi data seluler tidak bisa aktif pada hp oppo di atas cukup mudah dilakukan, hanya saja membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian. karena untuk mengatasi hal ini harus dilakukan secara bertahap, sehingga tidak salah dalam menyimpulkan. paling tidak untuk langkah awal yang dilakukan adalah riset kecil dari sikartu yang digunakan tersebut.