Iklan Atas Artikel

cara jualan online kuliner makanan basah

Dketik.com-Banyak artis yang terjun didunia bisnis kuliner, karena mereka sudah tahu bahwa potensi yang dimiliki bisnis kuliner sangat besar, KFC sudah ada sejak lama, dan setiap negara bisa ditemukan, sekarang lihat Ayam kentucky lokal seperti Sabana, sudah banyak kita jumpai setipa tempat.
cara jualan online kuliner makanan basah
Bisnis kuliner makanan bisa dibagi menjadi makanan basah dan kering, makanan basah memiliki ketahanan yang tidak lama, berbeda dengan makanan kering yang bisa bertahan lebih lama, tapi makanan basah bukan berarti kalah dengan kuliner makanan kering.

hal ini berdasarkan pengalaman pribadi saat kerja disebuah perusahaan bagian staff, dari sekian makanan yang dibeli oleh rekan kerja saya adalah makanan basah, dari sinilah makanan basah sebenarnya memiliki peluang yang cukup besar.

Banyak sekali ide bisnis makanan basah yang bisa anda lakukan berkala rumahan, lebih menariknya lagi bisnis kuliner ini bisa di jual secara online, tentunya jika menginginkan bisnis yang menjajikan maka anda pun harus up date makanan ke kinian yang banyak diminati oleh anak mudah, atau banyak orang.

Meskipun binis kuliner memiliki peluang sangat besar akan tetapi setiap jenis makanan yang akan dijual secara onlie tentunya memiliki strategi yang berbeda seperti halnya cara jualan online makanan basah pastinya berbeda dengan makanan kering.


cara jualan online kuliner makanan basah


Bisnis kuliner makanan basah memiliki peluang yang cukup besar, tentunya bisnis ini adalah bisnis yang menjanjikan,saya ada sedikit cerita seorang marmut masjid yang memiliki upah sebesar 1,7 juta perbulan yang membiayai anaknya hinga SMA dan kuliah

dengan uang sebesar tersbut untuk kehidupan di kota harus cermat mengatur keuangan, namun yang pada akhirnya ia mulai bisnis makana basah, dengan bisnis tersebut beliau memulainya dengan modal kecil, tempat produksinya pun hanya dirumah

namun kurang dari 1,5  tahun hasilnya bisa dilihat yaitu bisa memiliki tanah 4 lokasi dan salah satu dari tanah tersebut seharga diatas 200 juta, bahkan untuk membeli motor yang seharga 30 juta pun ia lakukan secara cash, tentunya berbisnis kuliner memang tidak mudah, berikut bisa menjadi pedoman bagi anda tips dari saya:



1. Menentukan Makanan yang akan dijual

Sebelum menjual sebuah produk makanan basah tentunya yang perlu dilihat adalah pesaing, seperti Marmut mesjid yang kini sukses jualan makanan basah, pada saat ia memulai bisnis tersebut memang pesaingnya sangat sedikit,

Meskipun saat ini sudah banyak yang meniru bisnis beliau akan tetapi produk yang dijual sudah dikenal di pasaran sehingga masih bisa bertahan hingga sekarang ini. dengan sedikitnya pesaing maka akan dengan mudah bisnis anda berkembang.


2. Menentukan kemasan Produk

Kemasan tentunya akan bisa memberikan nilai tambah pada sebuah makanan yang anda jual, semakin bagus kemasan anda maka nilai jual makanan tersbut akan semakin tinggi, dan hal ini tidak heran jika banyak sekarang ini bisnis rumahan yang memiliki kemasan yang menarik.

yang perlu di perhatikan dari sebuah kemasan adalah pastikan bisa membuat makanan basah tetap terjaga kualitasnya pada saat sampai ditangan pelanggan.

Untuk mentukan kemasan yang baik adalah disesuaikan dengan jenis makana yang anda jual, beberpa waktu yang lalu saya memesan makanan padang bersam rekan kerja saya, awalnya jika kita beli masakan padang adalah pembungkusnya dari kertas minyak.

Namun pada saat pesanan tiba, saya diherankan degan kemasan yang digunakan, karena kemasan tersbut seperti kemasan KFC, dari kemasan tersebut tentunya saya pribadi memberikan nilai tambah pada produk tersebut.

Yang terpenting dari sebuah kemasan selain unik dan bisa menjaga kualitas makanan adalah kemudahan serta kenyamakan konsumen saat akan mengkonsumsinya.


3. Meberikan alat Makanan

Banyak sekali jenis konsumen yang akan membeli produk makana yang kita jual, sehingga sejak dari awal anda harus menntukan seperti apa konsumen anda nantinya, dari sini paling tidak anda menydiakan alat makan seperti sendok , garpu dll

yang pada intinya alat tersbut memudahkan konsumen dalam menyantap makanan di berbagai konidisi, dan jangan lupa berikanlah Tisu 2 hingga 3 lembar, karena makanan basah nantinya akan membutuhkan tisu


4. Menyediakan Toko Konvensional

Meskipun bisnis kuliner yang anda jalankan bersifat online akan tetapi akan lebih baiknya anda juga menyediakan toko oflinenya yang tentunya akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda.

Soal lokasi fisik tersebut anda tidak perlu membuat toko yang mewah seperti rumah makan akan tetapi anda bisa membuat rumah anda sebagi lokasi toko online anda, selain itu akan mudah bagi anda yang nantinya menginginkan kerjasama dengan platform apllikasi online seperti Grabfood dan Gofood.


5. Menggunakan Platform online makanan

Kini Aplikasi Ojek online sudah menjadi aplikasi yang hampir setiap orang kota memilikiinya, banyak kemudahan yang ditawarkan dari aplikasi ini, bagi kita yang ingin bepergian pun saat bisa lebih mudah tanpa harus menunggu kendaraan umum.

pada aplikasi ojek online sendiri kini telah memperluas mitra dengan bisnis kuliner dari yang sekala besar hingga rumahan, bayangkan saja jika dilihat kebanyakan orang saat ini dalam memsan makana secara online banyak yang menggunakan apliksai tersebut seprti Grabfood dan GoFood.



6. Strategi Pemasaran

Jika bisnis anda termasuk masih baru dan anda pun tidak memiliki relasi yang cukup luas maka anda tidak perlu khawatir agar bisnis anda bisa dikenal oleh banyak orang, lebih lagi setiap calon pembeli bisa lebih mudah kita kenalkan dengan bisnis kuliner kita, berikut tips untuk mengenalkan bisnis kuliner anda


a) Endorsmen

Banyak sekali para selebgram membukan jasa endors untuk mempromosikan produk anda lewat akun instagramnya, meskipun banyak platform yang bisa digunakan akan tetapi kini kebanyakan endorsmen dilakukan di isntagram

Dengan tips ini karena popularitasnya maka produk anda akan mudah di kenal oleh banyak orang, bahkan postingannya bisa menjadi viral, namun untuk menggunakan tips ini maka anda harus mengeluarkan uang lebih segabai biayanya.


b) Beriklan di sosial media

Selain mengenalkan produk dari endorsmen anda juga bisa menggnukan platform periklanan yang disediakan oleh media sosial seperti Facbook, yang menariknya lagi dari facebook adalah kita bisa mengiklankan kepada calon konsumen secara tepat atau yang membutuhkan

Sehingga tidak heran jika anda membuka facebook terdapat iklan tertentu yang tidak ditemuakan diakun facbook milik teman anda, karena facebook sendiri telah menyimpan beragam databased diri kita, kemudian dari data tersebutlah sangat bermanfaat untuk bahan menarget konsumen yang tepat.


c)Menggunakan system Pre-Order

Stategi pemasaran selanjutnya adalah menggunakan system pre-order, jadi konsumen harus melakukan pemesanan lebih dulu baru akan dibuatkan pesanannya, yang menariknya dari system ini adalah minimnya kerugian dan kita bisa mengunakan modal yang minim

karena jika dilihat konsumen akan memesan produk lebih dulu dan membayar uang tanda jadi paling tdak 50% dari harga aslinya, dari sini sudah terlihat jelas konsumen yang membeli produk kita.

namun yang disayangkan system pre-order ini meskipun banyak orang ang menerapkan akan tetapi konsumen menginginkan produk yang dipesan langsung sudah bisa dikirim


e) Sediakanlah Paket

Yang kita tahu banyak sekali hari raya untuk orang indonesia, seperti halnya hari raya idulfitri, hari raya natal dll, maka paling tidak anda bisa menyediakna paket untuk hari spesial tertentu dengan kemasan yang mencerminkan hari raya dari konsumen kita



Kesimpulan

Jualan online memang kini menjadi tren, banyak sekali orang yang sudah melakukan hal ini, dari belanja pakaian hingga makanan, sehingga kondisis ini menjadi peluang bagi kita untuk memulai bisnis online, banyak ide bisnis oneline yang bisa kita jalankan. dari bisnis yang banyak di minati anak muda hingga bisnis yang sifatnya rumahan

bisnis kuliner makanan basah misalnya yang kini termasuk bisnis yang terlaris, bahkan hampir setiap artispun banyak yang terjun didunia bisnis ini, selain bisa dilakukan secara ofline bisnis kuliner makanan bisa juga dijalankan secara online, tidak sampai disitu saja bisnis kuliner makana basah pun bisa dikembangkan hingga mencangkup berbagai daerah.

Belum ada Komentar untuk "cara jualan online kuliner makanan basah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel