Iklan Atas Artikel

jawaban yang tepat saat interview bagi pemula lulusan sma

Dketik.com - Apakah yang sebenarnya seorang pemula sulit mendapatkan kerja? misalnya lulusan SMA sedrajat, karena pada usia tersbut kebanyakan mereka belum memiliki pengalaman, dan apakah benar orang yang lebih mudah mendapatkan kerja adalah orang dengan pendidikan lebih tinggi, namun ternyata hingga kini masih banyak perusahaan yang
jawaban yang tepat saat interview bagi pemula lulusan sma
Lulusan SMA dan sedrajat secara umum minim akan sebuah pengalaman, oleh sebab itu perlunya persiapan yang lebih matang, karena bisa dibilang masa SMA termasuk berada di zona nyaman, pada saat setelah lulus maka mereka akan merasa terbebani akan sulitnya mencari kerja sehingga bisa diterima.

Saat ini mencari kerja tidak terbilang sulit, karena informasi lowongan kerja bisa ditemukan dengan mudah yaitu cukup menggunakan smartphone, hanya saja, tingkat persaingan akan lebih sulit, karena lulusan setiap tahunnya lebih banyak dari pada lowongan kerja yang tersedia.

Bagi Lulusan SMA akan disbukan dua hal pada saat ingin masuk didunia kerja, yaitu Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan Menghadapi interview di persuhaan. yang banyak orang mengalami kegagalan adalah pada sesi interview karena pada sesi ini kita akan di hadapkan dengan pertanyaan yang jawabannya terbilang tidak mudah.


jawaban yang tepat saat interview bagi pemula lulusan sma


Tidak seperti membuat lamaran kerja, karena banyak sekali contoh yang bisa menjadi panduaan anda, berbeda dengan sesi interview meskipun anda sudah tahu kemungkinan pertanyaan yang akan ditanya oleh HRD, akan tetapi persiapan yang anda siapkan akan hilang begitu saja pada saat sesi interview, oleh karenanya seringlah berlatih dirumah untuk menjawab pertanyaan yang paling umum di lontarkan oleh HRD, berikut beberapa pertanyaan yang bisa menjadi panduan.


Sesi Perkenalan

Mengapa harus ada perkenalan bukannya semua informasi data kita sudah ada pada surat lamaran tersebut, memang perkenalan adalah sesi yang tidak bisa ditinggalkan, akan tetapi tahukah anda apabila dalam sesi perkenalan, ada yang dicari oleh HRD?

Sesi perkenalan diri merupakan sebagian sesi untuk menilai karakter diri anda seperti apa? oleh sebab itu, anda harus memperkenalkan diri dengan baik dan singkat, namun mudah di mengerti. Poin penting dalam perkenalan tersebut meliputi
  1. Nama
  2. Usia ( bukan Tanggal lahir)
  3. Tempat tinggal
  4. Pendidikan
  5. Pengalaman Organisasi
Contoh

Silahkan perkenalkan diri anda ?

Jawab

Perkenalkan nama saya wa ode nurmila, lulusan S1 kesehatan Masyarakat, saya berusia 23 tahun saat ini tinggal di kosan jl........, selama menempuh pendidikan saya aktif dalam organisasi PMI
 Karena Status kita adalah lulusan SMA maka disarankan untuk menginformasikan mengenai organisasi yang pernah di ikuti semasa sekolah.


Pertanyaan Mengenai Pengalaman kerja

Ada kalanuya siswa yang pada saat menempuh dunia pendidikan mereka menyempatkan untuk berkeja paruh waktu, namun apabila pengalaman kerja tersebut tidak memiliki pakelaring lebih baik tidak perlu di informasikan kepada HRD.

Apabila memang diberikan kesempatan untuk memberikan informasi mengenai pengalaman maka infokan pengalaman magang yang masih relevan dengan posisi yang anda lamar. apabila pengalaman tersebut tidak ada bukti fisiknya maka lebih baik tidak perlu menginformasikan terkait pengalaman, karena HRD akan membutuhkan bukti berupa pakelaring atau Sertifikat

Contoh| Apakah sebelumnya Pernah bekerja?
 Maka disarankan anda untuk menjawab dengan jujur, jahui untuk mengada-ada cerita.


Pertanyaan Seputar Pendidikan

Lulusan SMA sedrajat pasti akan mendapatkan pertanyaan yang berkaitan dengan pendidikan pertanyaan ini menyangkut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena lulusan SMA secara umum berusia 18 tahun, dimana anda termasuk muda dalam mencari kerja

Contoh| Mengapa anda tidak melanjutkan kuliah?

Pertanyaan ini sekilas sangat mudah untuk di jawab, akan tetapi pada saat anda kurang tepat dalam menjawabnya maka bisa mengurangi poin penialaian, tips menjawabnya adalah dengan tidak menyatakan karena tidak ada uang.

Contoh Jawabanyang tepat| Saya tidak melanjutkan kuliah karean saya ingin mandiri atau karena saya tidak ingin menjadi beban 0rang tual lgi atau beralasan sebagai tulang punggung keluarga.

Cotoh Jawaban kurang Tepat| Saya tidak melanjutkan kuliah karena saya tidak memiliki uang dan orang tua saya  kurang mampu dalam membiayai pendidikan jenjang kuliah.

Menanyakan terkait Kontribusi Anda

Pertanyaan jenis ini memang akan sedikit mudah kelihataanya akan tetapi jawaban anda harus bisa meyakinkan mereka, selain itu jawaban anda harus mengarah ke poin pentingnya bukan malah menjadikan pertanyaan baru yang akan di lontarkan kepada anda, misalnya contoh pertanyaan berikut:

Contoh Pertanyaan|Komitmen seperti apa yang akan anda berikan kepada perusahan? 

Jawaban yang tepat| saya akan terus berkomitmen untuk menjadi orang yang jujur, bekerja keras, bisa bekerja secara mandiri ataupun secara tim, sehingga saya dapat menjadi karyawan yang terbaik di perusahaan serta memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.


 Namun ada kalanya pertanyaan diatas jangan sekali-seklai memberikana jawaban yang terlalu luas sehingga akan menjadi bumerang bagi anda, pasalnya jawaban yang kurang mengerucut akan menjadi pertanyaan baru yang akan di tanyakan misalnya contoh di bawah ini

Contoh Jawaban kurang Tepat| Saya akan berusaha menjadi karyawayan yang baik di perusahaan yang bapak / ibu pimpin
Dari contoh diatas maka karyawan baik akan menjadi pertanyaan baru buat anda, karena definisi karyawan baik cukup luas, dan setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda-beda.


Seberapa minat anda ingin bergabung pada perusahaan?

Pertanyaan tersebut anda cukup menjawabnya dengan mencerminkan bahwa anda sangat berminat pada perusahaan secara totaliatas, dan biasanya pertanyaan dari HRD akan digabung dengan sebuah nilai sehingga nantinya anda akan diminta untuk memperkirakannya misalkan pertanyaan di bawah ini

Contoh Pertanyaan| Seberapa besar minat anda dalam bergabung dengan perusahaan kami antara 0-100%,?

Dari pertanyaan tersebut diatas maka alangkah lebih baiknya sebutkan nominla nilai paling besar yaitu 100%, karena nilai inilah yang diinginkan oleh HRD untuk mengukur seberapa minatnya ada untuk bergabung di perusahaanya


Dimana Anda mendpatkan Info lowongan kerja?

Pertanyaan ini pasti sering di tanyakan oleh HRD, biasanya pertanyaan ini akan ditanyakan pada sesi  awal setelah memperkenalkan diri atau di bagian sesi pertengahan, dari pertanyaan tersebut maka informasikan secara jujur sesuai kenyataanya. bagaimana anda mendapatkan informasi tersbut



Kesimpulan

Setiap tahun maka akan ada banyak lulusan sma yang dicetak oleh masing-masing sekolah, tentunya ada berbagai jenis siswa yang memutuskan setelah kelulusan tersebut baik untuk melanjutkan pendidikan atau langusng terjun di dunia kerja, banyak sekali dari mereka yang ingin langsung terjun di dunia kerja, namun sayangnaya banyak dari mereka yang merasakan betapa besarnya persaingan yang ada.

Persaingan yang cukup ketat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu lowongan kerja yang tidak sebanding dengan pencari kerja dan kemudahan dalam mendpatkan informasi lowongan kerja serta dalam melamarnya, meskipun demikian lulusan yang belum memiliki pengalaman pun masih banyak di pekerjaan oleh perusahaan besar

Untuk terjun didunai kerja maka lulusan SMA akan dihadapkan pada Pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar, melewati tahap interview dan terakhir tahap pesikotes, akan tetapi yang mendi penghalang hingga kini adalah sesi interview, meskipun ada yang beranggapan sesi psikotes juga termasuk sulit di lalui. untuk mengantisiapsi penolakan teserbut pada sesi interview maka kita bisa berlatih di rumah pada jawaban interview dari pertanyaan yang  umum ditanyakan untuk lulusan SMA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel