Iklan Atas Artikel

contoh kalimat cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate

Dketik.com - Memang menyenangkan apabila kita telah menyelesaikan dunia pendidikan, rasa gembira hingga banyak siswa yang melakukan sebuah aktivitas untuk mencurahkan rasa bersyukur karena telah usai masa pendidikannya, namun ini bukan berarti semuanya akan berakhir bahagia karena mereka akan di hadapkan dengan dunia kerja dimana kita harus bisa mandiri.

contoh kalimat cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate | contoh memperkenalkan diri saat interview | contoh kata kata perkenalan diri yang bagus |
Bagi lulusan baru atau fresh graduate akan menghadapai persaingan untuk mencari kerja, meskipun informasi lowongan kerja bisa dengan mudah didapatkan dan tidak samapi disitu saja metode untuk melamar kerja kini semakin mudah dan biaya yang begitu murah, dulu setiap orang yang ingin berja harus menghabiskan uang dan waktu mereka lebih banyak dibandingkan saat ini, akan tetapi dengan kemudahan tersebut membuat persaingan semakin sulit.

Sulitnya mendapatkan kerja maka memungkinkan setiap dari mereka harus melakukan hal yang terbaik dalam melewati setiap prosesnya. tahap awal yang harus dilewati oleh pelamar kerja adalah membuat surat lamaran kerja yang tepat, mengikuti tahap interview dan yang terakhir psikostes.

Tahap awal adalah tahap membuat surat lamaran kerja, membuat surat lamaran kerja sebaik mungkin agar bisa mengikuti proses berikutnya yaitu proses interview, banyak pelamar pada tahap ke dua mengalami kegagalan, hal ini dikarenakan kurangnya persiapan, seperti halnya pada sesi perkenalan diri, pada sesi ini maka anda harus melakukan yang terbaik, anda bisa mencari contoh kalimat cara memperkenalkan diri saat interview khusus untuk fresh graduate di internet.

contoh kalimat cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate


Memperkenalan diri pada saat interview memang sesi yang tidak pernah di lewatkan oleh setiap HRD, oleh sebab itu pelamar harus belajar bagaimana memperkenalkan diri yang baik di depan HRD. meskipun perkenalan diri terlihat mudah, akan tetapi terdapat poin penting yang harus anda perhatikan, beberpa poin penting itu adalah:

Nama

Tidak kenal maka tidak sayang, mengenal seseorang yaitu dari sebuah nama, dari nama tersebut orang akan mudah untuk memanggil anda begitu pula dengan HRD, pastinya pada sesi interview hrd akan sesekali menyebukan nama anda.

Contoh| perkenalkan nama saya Wa ode nurmila aeni atau Nama saya Astri Sulastri

1. Latar belakang pendidikan

Pada saat memperkenalkan diri anda tidak boleh melewatkan latar belakang pendidikan anda, tentunya dari penidikan anda maka akan menjadi penilaian di mata HRD apakah anda layak untuk berkeja di perusahaannya atau tidak, contoh kalimat untuk perkenalan dibidang pendidikan seperti berikut ini

Contoh| saya lulusan S1 kesehatan Masyarakat jurusan ilmu pangan


2. Pengalaman ( organisasi atau magang)

Kebanyakan Fresh Graduate tidak memiliki pengalaman kerja di sebuah perusahaan, maka sebagai gantinya anda bsia menambahkan informasi berkenaan pengalaman dalam sebuah organisasi atau pengalman magang.

Dari pengalaman organisasi atau pengalaman magang tersebut maka harus relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. apabila pengalaman berorganisasi atau magang tersebut masih berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar maka anda akan mendapatkan nilai tambah dan kemungkinanan besar anda akan di undang di tahap berikutnya

Contoh| melamar sebagai Staff admin, maka anda bisa menginformasikan bahwa pengalaman anda, semisal saya pernah magang di PT Sukses segai admin Selama 6 bulan dll.


3. Minat atau ketrampilan khusus

Minat dan keterampilan diharuskan masih relevan dan bisa menjadi penunjang pada bidang kita, misalnya anda adalah orang di bidang progaming, maka sebagai minat penunjang anda bisa memberikan informasi bahwa anda pernah belajar bahas inggris untuk memudahkan dalam memperdalam bidang pemograman dll.


4. Singkat dan jelas

Mengapa anda harus menyusun dari rumah kalimat untuk perkenalan diri, karena perkenalan diri merupakan sesi yang penting sehingga HRD menilai anda, namun sayangnya orang yang dinilai tersebut bukan anda seorang melainkan akan ada banyak pelamar lainnya maka buatlah sesingkat mungkin.

dengan persiapan sehingga anda bisa menyusun kalimat penting untu menarik perhatian HRD agar mengundang kita di tahap psikotes, apabila dari sesi perkenalan sudah membuat HRD kecewa maka proses selanjutnya seperti tanya jawab akan singka  dan HRD akan berusaha segera untuk menyudahinya



Contoh Kalimat Perkenalan diri pada saat Interview


Perkenalan diri sebetulnya memiliki banyak manfaat, seperti halnya sebagai Icebreaking, dari perkenalan awal tersebut maka diharapkan pada saat menerima gempuran pertanyaan dari hrd maka anda bisa dengan mudah untuk menjawabnya, untuk contoh kalimat perkenalan yang bisa dijadikan referensi adalah sebgai berikut:


Contoh

Nama saya......, saya berusia 23 tahun, lulusan SMA, pernah mengikuti Kursus di pare Selama 3 bulan dan prenah menjadi juara lomba menulis bahasa inggris tingkat provinsi, keseharian saya masih aktif  dalam menulis artikel bahasa inggris di blog pribadi saya www.blogpribadiku.com


Contoh

Perkenalkan nama saya......saya berusia 23 tahun lulusan dari universitas bahasa inggris, pernah menjadi mentor selama 4 bulan untuk persiapan ujian nasional dan menjadi tutor lemba kursus bahasa inggris selama 2 tahun.


Contoh


Perkenalkan nama saya  Andi, saya lulusan dari universitas tahun 2017. Selama menemph pendidikan terakhir saya melakukan penelitian sekaligus magang di perusahan PT komputer sebagai progamer selama 6 bulan. saya berminat untuk mempelajari bahasa inggri dan mengkuti kursus di pare selama 3 bulan, kemampuan bahasa inggris semakin memudahkan saya dalam memperdalam ilmu pemrograman


Contoh 

Nama saya Budi dari universitas.....lulusan 2018. saya mempelajari mengenai organisasi ekonomi, untuk menyelesaikan masa pendidikan, saya ikut andil dalam penelitian strukru organisasi, kulture serta leadership lewat studi kasus perusahaan Global PT....dll. Saya senang melakukan perjanana 5 s/d 10 kali setiap tahunnya, tujuannya untuk mengeksplore kebudayaan serta bertukar budaya

Selain itu saya juga berminat mempelajari bahasa asing seperti bahasa inggris, jepang, china dan korea, karena merupakan bekal wajib pada saat saya berkunjung ke negara lain untuk mengekspoler budaya di dunia yang erat kaitaanya dengan bidang saya.



Contoh

Perkenalan nama saya ....... dari SMK....... Otomotif kerndaraan ringan. saya pernah magang di Perusahaan PT astra selama 6 bulan sebgai teknisi. untuk memperdalama bidang yang saya sukai ini saya juga meluangkan wakut untuk penulis artikel di blog pribadi saya www.blogpridabid.com. Selain itu saya memiliki minat mempelajari bahasa inggris di pare untuk memudahkan saya dalam mempelajari dunia otomotif



Kesimpulan

Bagi Fresh graduate tentunya akan merasa kesulitan dalam memasuki dunia kerja, kesulitan ini cenderung lebih ke tingkat persaingan yang cukup sulit, dari lowongan kerja yang ada tidak sebanding dengan pelamar. di tambah lagi dengan adanya metode melamar kerja yan cukup mudah sehingga mempersulit persaingan yang ada.

Oleh sebab itu dalam menghadapi persangingan yang begitu sulit maka diperlukannya persiapan secara matang, persiapan tersebut guna untuk memperbesar peluang diterima oleh sebuah perusahaan yang dilamar, misalnya dalam pembuatan surat lamaran kerja, semakin menarik surat lamaran kerja maka kemungkinan besar untuk bisa mengikuti tahap selanjutnya.

Tahap dalam mendapatkan kerja di mulai dari mengirim surat lamaran kerja, melewati proses interview dan Psikotes. pada sesi interview ini masih banyak yang gagal sehingga berakhir ditolak, semua itu karena kurangnya persiapan, contoh kecil persiapan yang perlu adalah membuat kalimat bagaiamana memperkenalkan diri pada saat interview, terutama untuk fresh graduate, adapun conothnya bisa ditemukan di internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel