Iklan Atas Artikel

Tips paling mudah membeli mobil bekas matic atau manual di showroom

Dketik.com| Sekarang ini mobil bekas memiliki harga yang terjangkau sehingga tidak heran jika saat ini dengan uang puluhan juta kita bisa membeli mobil idaman kita, namun tentunya untuk membeli mobil bekas baik matic atau manual kita harus tahu tipsnya terlebih dahulu. Lalu bagaiman tips membeli mobil bekas di showroom atau dari pemiliknya langsung. Tips ini untuk meminimalisir penipuan dari kualitas barang yang akan kita beli.
-
Yang namanya mobil bekas tentunya pasti ada kecacatan, namun tidak semua mobil bekas memiliki kerusakan yang parah, berbeda jika kita berencana membeli mobil yang masih baru, tentunya dari sisi kualitas terjamin dan minim kerusakan, jika ada pastinya dari pihak tokonya akan memberikan garansi sehingga kita tidak perlu khawatir terhadap mobil yang kita beli.

Mobil bekas memang memiliki standar harganya, namun sayang sekali jika kita kurang cermat dalam memilih mobil yang kita beli, tentunya mobil yang dibeli dalam kondisi bekas dengan pemakaian normal dengan mobil yang pernah kecelakaan atau tabrakan tentunya memiliki harga yang berbeda. apalagi jika mobil yang pernah kebanjiran seperti yang baru-baru ini banyak mobil hanyut di wilayah jakarta, kita harus lebih berhati-hati, karena mobil yang sudah terkena banjir pasti kerusakannya lebih parah.

Cara mudah deteksi mobil bekas banjir

Karena hal ini sangatlah penting sebelum memasuki pembahasan tips membeli mobil bekas, detik.com ingin sedikit membahas cara deteksi mobil bekas banjir.

STNK
Langkah pertama cek dari STNK mobil tersebut, dengan STNK kita bisa melihat dari mana mobil ini, apakah mobil dari daerah ibukota yang baru-baru ini tertimpa banjir, Karen musibah ini terjadi di titik tertentu saja, jadi kita harus lebih cermat mengecek dari STNK mobil yang akan kita beli.

Karpet Dasar Mobil
Untuk cara berikutnya cek karpet dasarnya jika berbau apek atau lantai karpetnya terlalu bersih tentunya hal tersebut harus dicurigai.

Cek karet seluruh bagian mobil
Kita harus lebih cermat untuk mengecek bagian karet pintu, karet pada bagasi bahkan di bagian celah - celah pilar mobil apabila mobil tersebut bekas banjir maka kotoran seperti lumpur akan tertinggal

Jok mobil
Untuk pengecekan bagian ini memang terbilang sangat sikit, karena rata rata di bagian ini pasti sudah dibersihkan terkecuali masih tertinggal bau apek ataupun kondisinya masih lembab.

Kap mesin Mobil
Kalau mobil bekas banjir pastinya di bagian celah mesin seperti di bagian komponen mobil tersebut masih meninggalkan kotoran oleh sebab itu dipastikan untuk mengeceknya di tempat yang terang.

Ruang Bagasi
Untuk mobil-mobil perkotaan seperti mobil sedan atau mobil City Car yang posisi penyimpanan ban cadanganya di bagian bagasi pasti tempat tersebut paling rawan dilupakan untuk dibersihkan, sehingga kita perlu sekali untuk mengecek dibagian tersebut.

Pedal Gas
Bahan baku bawah pedal gas tersebut terbuat dari besi yang mudah karatan, sehigga jika bekas banjir di bagian itu mudah sekali berkarat.

Tips membeli Mobil Bekas
Untuk meminimalisir dari pedagang yang nakal atau kerugian dalam memberi mobil bekas kita harus memahami beberapa tips berikut untuk menentukan kualitas mobilnya, jika untuk mengecek kisaran harga pasaran kita bisa mengeceknya secara online namun yang terpenting dari kualitasnya terlebih dahulu. unutk tips membeli mobil bekas sebagai berikut :

Tempat atau Toko

Memang untuk membeli mobil bekas kita bisa menjumpai showroomnya dibanyak tempat, tentunya ditempat tersebut akan banyak pilihan mobil, namun untuk mendapatkan showroom yang dengan produk yang berkualitas memang sangat sulit dijumpai oleh sebab itu sangat disarankan untuk membeli dari pemiliknya langsung yang ingin menujual mobilnya. Selain itu kita bisa mencari referensi toko mobil bekas yang terpercaya seperti KJVsport.

Buku Service
Dengan mengecek service Ricord, kita bisa mengetahui sejauhmana mobil yang akan kita beli tersebut dirawat, jika kondisi mobil yang dirawat secara berkala dari sisi servicenya maka akan menentukan permorma dan kondisi mobil tersebut. Selain itu kita juga bisa memastikan dari keaslian odometer calon mobil yang akan kita beli.

kondisi Aksesoris dan Interior
untuk membelil mobil bekas maka kita harus memastikan komponen interiornya dalam kondisi berfungsi semua seperti AC, System Audio,dan keamanan seperti switch lampu dan sabuk pengaman

Selain itu kita juga perlu untuk menteliti bagian jok rasakan satu persatu dari jok depan hingga belakang jika diduduki apakah masih terasa nyaman atau tidak dan juga bagian kondisi dashboard, plafon dan karpet.

Bodi Mobil
Pengecekan pada bodi mobil ini kita harus memastikan masih ori atau tidak, pastikan kita cek bagian kita mengecek bodi dan eksteriornya secara menyeluruh seperti pintu, kap mesin dan kaca mobil, jika kita menemukan kondisi catnya belang itu bisa dipastikan sebelumnya pernah ada perbaikan mobil namun tidak rapi dalam perbaikanya.

namun hal yang paling terpenting itu berada pada strukture rangka mobil tersebut apakah masih dalam keadaan prima tau tidak yang terpenting tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan

Kondisi Mesin
Setelah melakukan pengecekan pada interior dan exterior langkah selanjutnya adalah pengecekan pada mesin, pada pengecekan ini sangat penting. jika memiliki teman teknisi mesin mobil bisa diajak untuk membantu dalam pengecekan kondisi mesin mobil kita.

Namun dalam pengecekan pada bagian mesin ini ada 3 poin penting yang harus diperhatikan diantaranya mesin mudah untuk distater, suara mesin terdengar halus dan dipastikan tidak ada kebocoran pada komponen mesin.

selain pengecekan tiga poin tersebut kita perlu juga untuk mengetas mesin secara langsung dengan tes drive, dengan tes drive ini kita bisa merasakan kenyamanan dan kondisi mesin saat dikendarai

Kelengakapan Dokumen

Selain kondisi mobil yang baik kita juga harus mengecek dari sisi dokumen mobil tersebut, senyaman mobil kita namun jika dokumen tidak lengkap tentunya akan menimbulkan rasa was-was saat berkendala, pastikan dokumen lengkap dari BPKB dan STNK asli serta pajak dalam kondis hidup .

Untuk Tips membeli mobil bekas matic atau manual di showroom memang tidak mudah oleh karena itu perlu ketelitian dan jangan terburu-buru untuk membli mobil bekas, jika ada tawaran harga yang miring patut dicurigai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel