Iklan Atas Artikel

Cara melacak hp yang hilang lewat Android Device Manager

Dketik.com - cara paling mudah untuk melacak ponsel yang hilang adalah dengan android device manager, karena caranya terbilang sangat mudah, mungkin anda pernah mendengar melacak ponsel lewat Gmail atau google maps, memang ke-dua cara tersebut cukup populer, akan tetapi jika anda menggunakan android device manager maka anda akan mendapatkan dua perpaduan fitur yang ada didalam kedua cara tersebtu (cara melacak lewat Gmail dan google maps)
Cara melacak hp yang hilang lewat Android Device Manager, Cara melacak hp hilang, Cara melacak hp hilang dengan IMEI, Cara melacak hp hilang dengan nomor hp, Cara melacak hp hilang dengan GPS, Cara melacak hp hilang lewat Gmail, Cara melacak hp hilang yang mati, Cara melacak hp hilang tanpa email, Cara melacak hp hilang dengan akun google
Semenjak google mengeluarkan produk nya yaitu android, google tidak tanggung tanggung mengeluarkan fitur keamanan bagi penggunanya, selain kemudahan dalam segi aplikasi serba gratis google juga memberikan system keamanan yang sangat membantu kita.

Siapa yang tidak memiliki hp pintar berbasis android, jika kita sadari bahwa saat pertama menggunakan hp tersebut pasti kita diharuskan untuk membuat akun Gmail, akun tersebut selain memberikan akses penuh untuk menggunakan hp android juga sebagai system keamanan untuk hp kita.

Jika hp android anda masih menggunakan Gmail asal, maka dari sekarang silahkan ganti dengan alamat Gmail pribadi, kunci dari system keamanan android adalah ada pada Gmail, meskipun setiap hp android saat ini sudah menggunakan keamanan perangkat dengan kunci layar baik dengan finger print maupun pengenalan wajah.

Namun keamanan bawaan perangkat tersebut apakah bisa mengamankan hp yang telah hilang? pasti anda sudah tahu jawabannya, dengan adanya fitur dari Google anda mampu menemukan hp yang telah hilang

Meskipun saat ini juga beberapa hp android sudah mengusung fitur melacak hp. Akan tetapi kita sering kurang memperhatikan hal tersebut, kebanyakan mereka lebih melihat dari segi ram, kamera dan kenyamanan saat menggunakannya.

Cara melacak hp yang hilang lewat Android Device Manager 

Siapa yang tidak merasa panik akan hp kesayangannya hilang karena diambil oleh orang, selain perangkat tersebut pastinya ada hal yang penting lainya yang ada didalamnya, terutama para pelaku bisnis online. pasti harapan kita hp tersebut bisa ditemukan kembali dengan selamat tanpa ada yang kurang.

Baca juga " 3 Cara Paling Ampuh Melacak Hp yang Hilang"

dengan hadirnya Android Device Manager  ini kita akan lebih mudah dalam melacak hp yang telah hilang, bahkan fitur ini lebih lengkap dan simpel dibandingkan dengan melacak lewat akun email atau google maps, bahkan selain kita bisa melacak kita juga bisa melakukan tindakan terhadap hp tersebut agar hp kita aman meskipun ada ditangan pencuri. cara melacak hp dengan Android Device Manager  sebagai berikut:

Login Gmail 
Langkah yang pertama anda harus login alamat gmail yang ada di hp yang telah hilang tersebut, untuk loginnya anda bisa menggunakan leptop atau hp yang terkoneksi dengan internet, namun jika menggunakan hp disarankan untuk login akunnya di browshernya, karena pelacakaany ini melalui pencarian google.

Android Device Manager
jika login gmail sudah berhasil maka langkah selanjutnya adalah masuk di mesin pencarian google, dengan mengetikan kata kunci [Android Device Manager], namun dipastikan kembali akun google yang aktif di pojok kanan atas adalah akun google atau gmail kita.


Masuk Di halaman Android Device Manager
Jika anda sudah mengetikan di mesin pencarian google maka akan muncul tulisan [Android Device Manager] pada hasil pencarian google, biasanya situs tersebut berada di urutan nomor ke - 2,

jika kita klik maka kita akan diarahkan di halaman baru berupa halaman maps serta menu tindakan dibagain kiri, jika kita membukanya  menggunakan leptop. pada halaman ini akan menampilkan nama hp, opertor yang digunakan dan keterangan persentase batre di hp tersebut serta tampilan maps dengan keterangan lokasi hp kita berada. ada beberpa menu tindakan yang bisa anda pilih:

1. Play Sound
Pada menu tindakan yang satu ini akan memberikan perintah kepada hp kita untuk berdering, meskipun hp kita dalam keadaan mode diam atau silent, cara menderingkannya ini bukan lewat panggilan telpon melainkan dari aplikasi google service yang sudah tertanam di hp tersebut, sehingga tindakan ini membutuhkan akses internet dari hp yang akan dilacak.

tindakan ini bisa juga kita gunakan apabila hp kita masih dekat dengan lokasi kita sehingga bisa mencari hp yang hilang dari sumber suaranya,

2. Lock Device
Menu tindakan selanjutnya adalah Lock Device menu ini mampu mengunci hp kita yang hilang dari jarak jauh, menu ini sangat dianjurkan untuk dilakukan saat pertama kali kita menyadari jika hp telah hilang, sehingga dari segi data di hp tersebut bisa aman termasuk alamat gmail yang ada di hp tersbut. jangan sampai pencuri mengambil tindakan lebih dahulu untuk menghapus akun gmail kita dari hp tersebut, sehingga pelacakan tidak bisa dilakukan lagi.

3. Erase Device
Menu tindakan selanjutnya adalah menghapus akun goole kita dari hp tersbut, langkah ini dilakukan untuk mengamankan akun google dari hp yang hilag agar tidak disalah gunakan oleh si pencri, meskipun hp tersebut sudah dalam keadaan ofline namun proses penghapusan akan berlanjut ketika hp tersbut keadaan online kembali.

Ketentuan menggunakan Android Device Manager

Dengan adanya fitur  Android Device Manager, kita akan lebih mudah dalam melacak perangkat yang telah diambil orang, akan tetapi agar pelacakan hp yang hilang bisa berhasil, ada beberapa ketentuan yang harus dipeneuhi di antaranya sebagai berikut:

Hp Terkoneksi Internet
Cara melacak hp yang hilang dengan Android Device Manager ini adalah cara melacak secara online, karena kita melibatkan aplikasi serta akun google kita, sehingga jika hp yang hilang terbsebut tidak terkoneksi dengan internet maka cara ini tidak bisa dilakukan, pastikan segera mungkin untuk mengambil tindakan ketika menyadari jika hp kita sudah hilang sebelum pencuri mematikan data seluler hp tersebut.

Akun Google Masih terlogin
Karena kunci untama keamanan hp android terletak pada akun google yang tertanam hp tersbut, sehingga pelacakan hp masih bisa dilakukan apabila akun google masih ter login di hp tersebut. dari sini kita harus lebih dahulu mengambil tindakan secepatnya sebelum si pencuri menghapus akun google kita dari hp, untuk mengatisipasinya mulai sekarang silahkan untuk memeberi kata sandi pada hp kita, agar jika hal yang tidak kita inginkan ini terjadi maka paling tidak kita bisa mencegah pencuri untuk menghapus akun google di hp tersebut.

Kesimpulan
Cara melacak hp yang hilang lewat Android Device Manager adalah cara paling mudah dibandingkan kita menggunkan cara lain, cara yang sudah kita kenal yaitu lewat email dan google maps, namun cara terbut masih kalah simpelnya dengan pelacakan lewat Android Device Manager,

Meskipun saat ini kita bisa melacak hp yang telah hilang bahkan bisa melakukan tindakan lainya seperti menderingkan perangkat, mengunci perangkat serta menghapus akun goole yang ada di hp tersebut, namun tindakan tersebut tidak bisa dilakukan lagi apabila gmail atau akun google hp tersbut sudah di hapus.

selain akun goolge yang masih tertanam, hp tersbut juga harus terkoneksi dengan internet agar pelacakan dan tindakan lainya masih bisa dilakukan, sehingga kita harus lebih cepat bertindak dari pada pencuri, atau kita bisa memulai dari sekarang untuk memberi kata sandi pada hp kita, yang tujuanya untuk mengamankan sementara akun goolge dan data yang ada di hp tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel