Iklan Atas Artikel

Cara menghapus Thumbnail di hp android

Dketik.com - Bagaimana cara menghapus file Thumbnail di hp android? file Thunnail atau biasa disebut file thumdata adalah file yang berperan untuk membatu hp android untuk menampilkan file secara seklias, Namun adanya file Thumbnail ini akan memeberikan pengaruh buruk dan baik bagi android kita.
Cara menghapus Thumbnail di hp android | Apa Itu Thumbanail | Amankah Thumbnail di hapus | Cara menghapus Thumbnail di hp android dengan aplikasi
Oleh sebab itu banyak sumeber yang menyarankan untuk menghapus file Thumbnail, Yang anehnya lagi Thumbnail ini ada yang bisa dihapus di beberpa merek ponsel dan ada yang tidak bisa dihapus.

Sebelumnya cara hapus thumbnail  pernah dicoba di hp oppo A5 2020 dengan cara yang pada umumnya dijelaskan pada situs, namun alhasilnya belum bisa. sehingga meskipun cara ini sudah banyak yang menjelaskannya namun hanya berlaku di beberpa ponsel tertentu.


Apa Itu File Thumbnail?

Mungkin istilah Cache ini tidak asing lagi bagi kita bukan?, terlebih lagi pada hp android yang dibekali aplikasi untuk menjaga performa seperti anti virus atau pembersih data lainnya pasti ada menu untuk menghapus cache.

Thumbnail ini sifatnya sama halnya dengan cache yang mana memepercepat kinerja android untuk mengakses sebuah file atau data.

hanya saja thumbnail ini hanya berlaku pada file foto atau vidio, namun mengapa aplikasi yang bersifat menjaga performa ponsel terdapat menu clear cache, apakah cache ini akan memebwa efek buruk pada suatu ponsel? tentunya tidak!!

File thumbnail ini tidak hanya terdapat di ponsel android saja karena file ini juga ada di komputer bahkan di situs seperti instagaram. file thumbail ini terbentuk pada saat kita membuka file gambar makanya tidak heran pada aplikasi untuk menghapus cache itu juga ada anjuran untuk menghapus thumbnail.


Kekurangan dan Kuntungan File Thumbail

Thumdata adalah file yang akan tersimpan otomatis dari data foto dan Vidio, tentunya jika setiap ada file berupa foto dan vidio di ponsel kita maka system ponsel kita akan membuat file Thumbail dengan ukuran file yang lebih kecil dibandingkan file aslinya.

Jika file thumbnail ini terus bertumpuk maka size-nya jika dijadikan satu maka menjadi size yang cukup besar dan akan memenuhi memori internal hp kita

lalu jika dilihat dari manfaatnya file thumbnail ini memeberikan manfaat bagi ponsel untuk memepercepat akses ke data aslinya.

Jadi jika diambil dari kekurangan dan kelebihan itu dilihat dari kebetuhan pengguna ponsel itu sendiri, jika dilihat hampir rata-rata ponsel memiliki data foto dan vido yang cukup banyak dan memiliki kapasitas memory internnal yang cukup besar.

lalau bagaimana lebih baik mana di hapus atau tidak, jika kita memiliki data yang cukup banyak dan ponsel kita memiliki memory yang cukup besar sepertinya tidak menjadi masalah jika file tersebut tidak di hapus

namun jika hp kita memiliki kapastisa memory yang cukup kecil dan tentunya file kita tidak terlalu banyak maka kita bisa menghapus thumbnail ini,



Lalu bagaimana dengan Clear Cache?

Cache adalah penyimpanan yang bersifat sementara yang bertujuan untuk mempercepat kinerja aplikasi, Sehingga Cache ini akan mempercepat loading ketika kita membuka aplikasi tertentu.

Namun yang menjadi dampaknya adalah semakin besar aplikasi-nya maka akan semakin besar juga file cache, Semakin banyak aktivitas dari beberapa aplikasi pada ponsel kita maka akan tersimpan sebagai cache sehingga cache tersbut perlu dihapus di waktu tertentu.

jadi berbeda dengan thumbnail yang akan terbentuk apabila ada file vidio atau foto yang tersimpan di ponsel kemudian kita buka.



Apakah Aman jika Thumbnail itu di hapus

Seblum kita menghapus file tumbnail pastinya kita juga akan takut akan dampak terhadap file yang aslinya, lalu apakah akan memberikan efek, tentu tidak, jika kita menghapus file thumbnail maka file aslinya tidak akan terhapus, karena file ini bersifat duplikasi dari file asli-nya sehingga jika kita hapus tidak akan menghapus file aslinya.



Apakah kita perlu Menghpus File Thumbnail

File Thumbnail ini merupakan file gambar yang berukuran kecil, file ini akan dibuat ketika kita membuka pertama kali file di ponsel kita, sehingga meskipun file thumbail tersebut sudah dihapus namun ketika kita membuk kembali maka file thumbnail tersebut akan ada lagi jika kita membuka file aslinya

namun mesikupun kita sudah menghapus file foto di galery tekadang file thumbailnya tidak terhapus,  sehingga menghapus thumbnail ini disarankan untuk dihapus pada saat kita menghapus beberapa file foto dari ponsel kita



Cara menghapus Thumbnail di hp android Tanpa aplikasi



Apa merek ponsel kita pastinya memiliki cara yang berbeda untuk menghapus Thumbnail-nya, dari hp xiaomi, oppo , relame, samsung dan hp lainnya sudah pasti memiliki cara yang berbeda, karena sebelum artikel ini dibuat admin sempat bereksperimen pada beberapa ponsel, namun sejauh ini ada beberapa ponsel belum bisa menerapkan cara manual tersebut.

Langkah sederhananya untuk menghapus thumbnail ini adalah  

Menampilkan file tersembunyi

Karena File ini biasaynya  tersembunyai maka langkah pertama adalah mengeluarkan file ini dari persembunyiannya, Oleh sebab itu kita perlu masuk ke file manager untuk menampilkan file ini , jika file manager dari bawaan ponsel tersebut tidak ada pengaturan untuk menampilkan file tersembunyai maka kita bisa meminta bantuan dari aplikasi lain yang bisa kita download di playStore

Menghus File Thumbnail

Langkah selanjutnya kita cukup mengeksekusi dengan menghapus file tumbnail tersebut secara manual di file manager, caranya seprti kita menghpus file biasa, namun agar lebih maksimal kita juga bisa membarengan clear cache setelah melakukan hapus file tumbnail tersebut


Langkah Langkah menghapus 

Masuk ke File Manager

Kita bisa menggunakan aplikasi file manager bawaan hp atau bisa menggunakan bantuan aplikasi lain yang bisa kita download dari google playStore, namun jika menggunakan apliksi File manager bawaan hp itu sudah cukup, namun bagi kita yang kesulitan menggunakan aplikasi file manager bawaan ponsel bisa  menginstal apliksi lain.
 
Mengaktifkan Berkas atau data Tersembunyi

Setelah kita masuk ke aplikasi File Manager kemudian kita msauk ke Setelan lalu cari menu Tampil berkas Tersembunyi, Sehingga File yang akan tersembunyi akan tampil

Masuk ke memory Internal

Masih di dalam aplikasi file Manager kemudian masuk ke Memory Internal > Pilih DCIM > Pilih Folder Thumbnail maka hapus file yang ada di dalam folder tersebut

Jaka langkah tersebut dilakukan maka tidak akan menghapus data aslinya, hanya saja cara tersebut pasti pada sebagian merk ponsel tertentu belum tentun bisa diterapkan, namun bukan berarti tidak bisa hanya saja untuk tata letak menu-nya pasti berbeda sehingga kita harus mencari  sendiri lokasi menu-menu tersebut.



Cara menghapus Thumbnail di hp android dengan aplikasi


Jika kita menggunakan cara manual tidak bisa maka masih ada cara lain untuk menghapus file thumbnail, pasalnya cara manual ini biasanya membuat kita kesulita untuk menemukan menu-menu untuk menghapus file tersebut.

karena cara manual ini tidak bisa diterapkan disemua jenis ponsel akan tetapi kita bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Plya Store. adapun caranya sangat mudah, tidak sesulit dengan cara yang manual, kita cukup instal dan menjalankannya tanpa harus mensetting aplikasi File manager untuk menghidupkan file tersembunyi-nya.


Aplikasi SDRescan

Selain kita menghapus dengan cara manual kita juga bisa menghapus dengan aplikasi lain yaitu aplikasi SDrescan, alasan untuk menggunakan aplikasi lain karena ada beberapa hal yang terjadi pada saat penghapusan file thumbnail ini meskipun sudah mengikuti ketentuan yang ada namun masih saja file tidak terhapus dan yang ke dua karean cara yang umum tidak bisa diterapkan di setiap jenis ponsel android,

Oleh sebab itu kita bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga, namun disaranakan untuk menggunakan cara yang manual tanpa bantuan aplikasi lain terlebih dahulu jika cara tersebut tidak berhasil kita bisa menggunakan cara ini.

Aplikasi SDRescan memiliki ukuran hanya 16 KB dan cara penggunaanya sangat mudah, pastinya dari sini aplikasi ini tidak terlalu banyak memakan memory ponsel kita, adapaun cara menghapus dengan aplikasi ini sebagai berikut :

  • Instal aplikasi Aplikasi SDRescan
  • Buka aplikasi tersbuet
  • kemuadian biarkan aplikasi untuk bekerja beberapa menit
  • Lalau selesai dan silahakn restar ponsel-nya
Meskipu berlaku pada beberapa ponsel jika ponsel direstar maka secara otomatis akan menghapus file data thumbnail, namun untuk menghpus file ini jika dilakukan secara sengaja tidak ada memeberikan dampak buruk bagi ponsel.

Selain Aplikasi SDRescan, terdapat aplikasi penghapus thumbnail yang telah direkomendasikan oleh beberapa situs yang berada dihalaman pertama  goolge yaitu aplikasinya sebagai berikut
  • Aplikasi Astro Manager
  • Aplikasi  Delete thumbnails in DCIM
  • Aplikasi Root Explorer



Kesimpulan

Cara menghapus Thumbnail di hp android bisa kita lakukan dengan mudah, meskipun bisa dilakukan secara manual, menghapus file thumbnail juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi, namun sebelum kita menghapus data thumbnail tersebut dipastikan kita mengetahui bagai mana fungsi dan dampak yang akan ditimbulkan,

karena pada dasarnya File thumbnail ini juga memberikan kita kemudahan dalam mengakses file, seperti hal nya cache, namun file cache ini selain memerikan hal positif namun bisa memiliki ukuran file yang cukup besar karena semakin besar size aplikasi tersebut maka semakin besar file cache yang dihasilkan. oleh sebab itu kita perlu clear cache jika ponsel terasa lambat dan memory sudah hampir penuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel