Iklan Atas Artikel

cara memperbaiki baterai hp yang kembung dan bocor

Dketik.com- Baterai pada hp adalah komponen yang amat penting hingga bisa mempengaruhi kinerja hp itu sendiri, baterai hp yang tidak baik adalaah tidak bisa bertahan lama atau cepat habis. Baterai yang mudah habis memang hingga kini menjadi topik permasalahan pengguna hp pintar. meskipun hal ini sering terjadi bukan berarti hp pintar memiliki kualitas baterai yang tidak layak, melainkan karena hp pintar sudah menggunakan fitur yang cukup lengkap hingga akan memicu baterai bekerja lebih keras.
cara memperbaiki baterai hp yang kembung dan bocor
Terlebih lagi perilaku penggunaan hp kurang baik maka akan mempermudah baterai cepat bocor atau rusak, baterai yang sudah bocor biasanya ditandai dengan daya cepat habis dan dari fisiknya berbentuk kembung. jika hal ini sudah terjadi maka baterai sudah tidak bisa menampung daya secara maksimal seperti yang masih baru.

Selain Dampak yang dirasakan dari sisi performa, baterai yang sudah kembung akan membuat nilai jual ponsel tersebut lebih murah, oleh sebabnya pentingnya untuk menjaga kesehatan baterai itu sendiri. mungkin persoalan baterai lain seperti mudah habis namun dari sisi fisik tidak ada perubahan maka bisa menggunakan alternatif dengan meng-kalibraasinya.

Namun apabila baterai hp yang sudah kembung ,maka dengean mengkalibrasi tidak akan menyelesaikan masalahnya, dan biasanya hp dengan kondisi terebut maka sudah pasti daya pada  baterai tidak bisa tahan lama dan akan mudah habis


Cara Memperbaiki Baterai hp yang Kembung


Persoalan baterai hp yang kembung memang sering dialami oleh hp pintar, misalnya hp android, hal ini memang disebabkan lebih ke perilaku penggunanya, seperti mengisi daya terlalu penuh, menggunakan hp pada suhu lingkungan yang tidak dianjurkan dan masih banyak lagi. dengan perilaku penggunaan hp inilah yang menyebabkan baterai hp yang menjadi kembung. sebelum memutuskan untuk mengganti baterai yang baru maka tips bierikut bisa dicoba lebih dahulu:


1. Memasukan Baterai ke Dalam Kulkas

Cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang apabila baterai pada hp mulai kembung adalah dengan memasukannya kedalam kulkas ( Freezer), Meskupun cara ini tidak 100% bisa mengembalikan baterai bisa kembali normal maka cara ini wajib anda coba, Karena sejauh ini ada beberapa yang berhasil dan masih ada juga yang gagal

  • Yang Perlu diperhatikan untuk menggunakan cara ini adalah pastikan untuk membungkus baterai dengan plastik agar baterai tidak basah,
  • Diamkan Baterai didalam kulkas selama kurang lebih 24 jam atau satu hari
  • Apabila langkah diatas sudah dilakukan maka keluarkan dan keringkan dengan kipas atau diamkan ditempat yang sejutk
  • Hindari untuk mengeringkan baterai di bwah sinar matahari, karena baterai akan menurun kualitasnya apabila terpapar suhu diatas 35 Derajat Selsius


2. Menusuk Bateri dengan Jarum

Hal yang pertama yang bisa anda lakuka dengan menusuk baterai dengan jarum, untuk menusuk-nya pastikan pada bagian yang mengembung saja, karena baterai yang mengembung ini bisa terisi oleh gas, dan dengan menusuk dengan jarum maka akan membuatnya mengempis. meskipun cara ini belum menjadi jaminan baterai kembali normal pastinya jika cara ini bisa berhasil maka baterai tidak bisa kembali normal sepenuhnya.


Cara Memperbaiki Baterai hp yang Bocor


Istilah Baterai hp yang bocor adalah daya baterai yang cepat habis, Kondisi ini bisa terjadi pada baterai dalam bentuk fisik yang normal. akan tetapi pada saat digunakan daya baterai sangat boros dan tiba-tiba ponsel mati dengan sendidrinya karena status baterai 0%. apabila baterai hp anda cepat habis maka bisa mengikuti kiat berikut ini:


Melakukan Kalibrasi Baterai


Apabila baterai anda cepat habis maka bisa jadi ada kesalahan antara jumlah daya yang masuk dengan notifikaasi yang ditampilkan pada persentasi baterai. Sehingga perlunya untuk menormalkannya dengan cara mengkalibrasinya, mengkalibarasi baterai bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara manual dan dengan cara bantuan aplikasi lain.

Kalibrasi baterai hp dengan bantuan aplikasi biasanya ponsel tersebut harus melewati tahap root kemudian dilakukan kalibarasi, memang ada beberapa aplikasi yang tidak mengharuskan melewati tahap root.

Jika ingin menggunakan bantuan aplikasi maka perlu dipertimbangkan kembali, mengingat Root sendiri akan menghilangkan garansi pada ponsel tersebut, sebelum mencoba dengan bantuan aplikasi anda bisa mencoba cara manual, untuk langkahnya bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Mengkosongkan Baterai hingga 0%
  • Isi daya baterai hp hingga  100% dengan keadaan hp nonaktif
  • Kosongkan Baterai kembali hingga menjadi 0%
  • Isi daya kembali hp hingga 100% dengan hp kondisi aktif
  • Nonaktifkan hp dan cas kembali meskipun sudah 100%
  • Kemudian hidupkan hp dan gunakan.
Note | Apabila kondisi fisik baterai mengembung maka tidak perlu dilakukan kalibrasi, karena permasalahan baterai berada pada baterainya sendiri, dan harus dilakukan penanganan khusus, namun jika fisik baterai tidak ada masalah maka bisa mengkalibrasinya.

Cara Agar Baterai Hp Tidak Cepat Habis

Apabila Ponsel hp yang anda gunakan mudah habis bagterainya walaupun masih baru, maka apabila hal ini tidak segera ditangani akan mempengarui usia pakai hp tersebut, karean selama ini baterai yang cepat habsi diawali dari perilaku dari penggunanya, jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak rusaknya baterai.  untuk cara membuat baterai hp agar bisa lebih awet maka ikuti tips berikut ini:
  • Mengatur kecerahan layar hp
  • Menggunakan ponsel pada suhu lingkungan antara 16-32 Derajat Selsius
  • Menutup apliksi yang tidak digunakan
  • Membatasi aplikasi yang berjalan dibelakang layar
  • Mengaktifkan Mode Hemat daya ponsel
  • Menggunakan Charger Original
  • Mengaktifkan Dark Mode

Kesimpulan

cara memperbaiki baterai hp yang kembung dan bocor adalah dengan dua cara yaitu dengan memasukan baterai yang kembung kedalam kulkas ( Freezer) dan dengan menusuk dengan jarum, kedua cara tersebut memang sejauh ini ada beberapa orang mencobanyan kemudian bisa berhasil namun sebagiannya ada yang gagal.

Baterai yang kembung akan berdampak pada daya baterai hp yang cepat habis, oleh sebab itu bisa dilakukan dengan kedua cara diatas, akan tetapi apabila dari kondisi fisik-nya normal tidak ada masalah, kemudian baterai bocor alias cepat habis maka silahkan mengkalibrasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel