Iklan Atas Artikel

Cara Membuat CV dan Surat Lamaran Kerja yang Di sukai HRD

Cara membua CV atau curriculum vitae dan surat lamaran kerja terbilang mudah, Terlebih lagi saat ini sudah banyak sekali di internet cara maupun contoh surat lamaran kerja sudah jadi, anda cukup mengambil di internet lalu lakukan editan sederhana surat lamaran kerja pun sudah jadi, akan tetapi cara tersebut tidak menjamin surat lamaran anda lolos seleksi berkas,



Proses Rekrutmen Perusahaan ada 2 tahapan yang pertama seleksi berkas dan yang ke dua seleksi dalam bentuk interview dan Psikotes, kira-kira samapi disini anda lebih sering gagal dimana? sebelum masuk ke seleksi Wawancara kerja dan  Psikotes anda harus melewati Seleksi berkas. sehingga pada Seleksi berkas anda harus benar-benar memperhatikan CV dan surat lamran kerja anda.

CV dan Surat lamara kerja yang profesional mengandung beberapa unsur penting yang harus di perhatikan. dan perlu diketahui bahwa CV dan Surat lamaran kerja yang profesional bisa menjadi nilai plus, paling tidak HRD tertarik dengan surat lamaran kerja anda, bukan malah diabaikan.

Contoh Surat lamaran kerja tulis tangan maupun contoh surat lamaran kerja umum ini sudah banyak anda jumpai namun yang terpenting bagaimana cara membuat surat lamran kerja anda lebih menarik. dan juga saat ini pembuatan surat lamaran kerja tersebut sudah lebih mudah. misalnya membuat surat lamaran kerja melalui hp.

Cara membuat surat lamaran kerja di hp saat ini sudah banyak yang menerapkanya, bahkan anda juga bisa membuat CV di situs Canva. situs tersebut saat ini sangat populer untuk desain grafis secara online. banyak sekali template curriculum vitae sehingga bisa mengakses melalui Smartphone anda jika ingin hasil maksimal untuk membuat Surat lamaran kerja dan CV disarankan membuat surat lamaran kerja anda di microsoft word yang ada di leptop atau komputer.

Sebelum anda membuat lamaran kerja sebaiknya anda bisa lebih memperhatikan unsur terpenting didalam CV dan surat lamarn kerja anda. sehingga CV dan Surat lamaran kerja anda bisa lolos seleksi berkas. beberapa unsur tersebut yaitu :

Rahasia membuat CV Dan Surat Lamaran yang Menarik

Curriculum Vitaea atau dalam bahasa indonesia daftar riwayat hidup adalah dokumen dalam surat lamaran kerja yanag menggambarkan tentang pengalalman seseorang. semakin CV anda menarik maka HRD akan enggan mengabaikanya. Namun masih banyak di jumpai yang hampir 95% pelamar kerja menggunakan CV Standar, bagi HRD CV yang standar itu Membosankan.

CV yang menarik itu adalah CV yang memiliki tampilan dan isi yang menarik bukan, sehingga membuat pembacanya ingin tahu isiny. logikanya coba perhatikan gambar dibawah ini. pada gambar tersebut yang lebih menarik apel berwarna merah atau yang berwarna hijau.


Rahasia CV yang menarik adalah memiliki warna 

Di dalam membuat CV usahakan berikan sedikit polesan warna meskipun tidak full page colour. namun beberapa aitem saja yang diberikan warna, ada beberapa warna yang direkomendasikan pada Ebook nya Teddy Diego Tips & Trik Kirim 100 Surat lamaran Via email dalam 1 hari untuk pemesanan bukunya bisa anda kontek di via Whatsapp 085655485887. untuk warna pada CV anda bisa menggunakan warna sebagai berikut
selain itu ada beberapa warna yang perlu anda ketahui yang sangat tidak disaranakan, seperti warna kuning mencolok, warna merah dan warna hijau spotlight, dikarenakan warna tersebut tidak nyaman jika dilihat mata.

Didalam CV Memiliki Poin-Poin Penting

Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pasti meminta CV , karena CV bisa membantu HRD dalam mengevaluasi kompetensi Anda. Mulai dari CV ini akan menggambarkan secara singkat profile berupa riwayat hidup dan pengalaman kerja anda, sehingga CV tersebut bisa menjadi bahan referensi bagi perusahaan untuk mewancarai anda. dalam membut CV ada poin-poin peting yang harus dicantumkan seperti :

Kontak
  • No Hp
  • Alamat Email
  • Alamat Domisili
Biodata
  • Nama
  • TTL 
  • Status Nikah
  • Tinggi Badan
  • Berat Badan 
  • Hobi
  • Agama
Pengalaman Kerja
  • Organisasi
  • Magang PKL
  • Kursus
  • Seminar
Pendidikan Terakhir
  • Nama Sekolah
  • Periode
  • Jurusan
  • Nilai
Keahlian
  • Bahasa
  • Komputer
  • Softskill

Meletakan CV di bagian Depan

pada suarat lamarn kerja dokumen yang paling menarik adalah CV, oleh karena itu letakan di bagian paling depan. Sehingga HRD akan lebih dahulu melihat CV anda, jika CV anda menarik maka HRD tidak adakn Enggan untuk melanjutkan membaca Surat lamaran kerja anda. kebanyakan pelamar kerja menyusun dokumen kerja sebagai berukut :
  1. surat lamaran kerja
  2. CV atau Daftar Riwayat Hidup
  3. Dokumen Pendukung
jika anda meletakan dokumen  Lamaran kerja paling depan maka akan kurang menarik, namun  menurut HRD CV diletakan dipaling depan tidak masalah, oleh karena itu anda bisa mencoba trik dan tips menyusun Dokumen Lamaran kerja seperti di bawah ini
  1. CV daftar Riwayat Hidup
  2. Dokumen Pendukung
  3. Surat Lamaran kerja

Surat Lamaran Kerja yang Baik

Selain CV anda juga harus memperhatikan bagian surat lamarn kerja. karena dibagian ini juga menjadi pendukung apakah berkas anda akan di baca oleh HRD atau tidak. terlebih lagi didalam penulisanaya ada penuliasa yang salah ketik, ini juga akan menjadi penilaian HRD terhadap anda. oleh karena itu ada beberapa yang perlu di perhatikan didalam menulis Surat lamaran :
  1. hindari salah pengetikan pada nama PT yang anda lamar
  2. Tuliskan dengan jelas posisi yang anda lamar
  3. anda tidak perlu menandatangi pada surat lamarn tersebut jika di kirim via Email
  4. hindari terlalu fokus pada surat lamarn kerja karena HRD akan lebih memperhatikan CV anda
Cara membut CV dan Lamaran Kerja yang Di sukai Oleh HRD  adalah CV yang memiliki warna, CV yang mengandung poin-poin peting, menyusun dokumen CV paling depan dan surat Lamaran yang sederharan. dari Tips diatas semoga bisa menjadi gambaran bagi anda unutk mencari contoh surat lamaran kerja di internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel