Iklan Atas Artikel

Pengalaman kerja melalui outsourcing PT Must

Diketik.com. Pengalaman kerja melalui outsourcing PT Must | Didunia kerja pasti tidak asing dengan istilah outsourcing atau yayasan biasa orang - orang menyebutnya. sitem kerja melalui outsourcing sudah lama menjamur di dunia kerja tanah air indonesa. apa itu outsourcing ? pengertian garis besar outsourcing adalah perusahaan yang bergerak didalam jasa penyedia tenaga kerja, sehingga prses rekritmen tenaga kerja hingga yang mengurus administrasi persyaratan tenaga kerja di bebankan kepada penyedia jasa tersebut. namun menurut pengalaman yang penulis rasakan tidak demikian. banyak mungkin dari orang - orang memiliki pemikiran jika bekerja di sebuah perusahaan namun melalui jasa outsourcing akan tertindas, dari gaji di potong bahan rawan PHK, apakah semua itu benar, iya semua itu benar tapi hanya berlaku di beberapa outsourcing dan perusahaan tertentu saja.
sudah banyak artikel yang menjelaskan sisi buruk outsourcing, namun jika di lihat dari peraturan Undang Undang No.23 Tahun 2003  terkait outsourcing atau Alih daya adalah Penyedia jasa tenaga kerja yang di perjelas dalam pasal 64, 65 dan 66 bahwa karyawan outsourcing adalah karyawan kontrak yand di sediakan oleh perusahaan outsourcing.

apakah pihak outsourcing atau yayasan memotong gaji karyawanya, di lansir pada DetikFinance jika karyawan memdapatkan gaji sesuai UMP dan Pihak outsourcing mendapatkan fee secara langsung dari Perusahaan penyedia kerja. jadi sebenarnya jika bekrja di penyedaia jasa atau vendor tertentu maka tidak ada pemotongan gaji.

di bawah ini ada beberapa sisi negatif kebanyakan orang terkait bekerja melalui outsourcing atau vendor, apakah benar sisi negati itu terjadi di dunia kerja.

kekuranga bekerja melaui outsourcing

Tidak ada jenjang karir
orang  yang bekerja melalui yayasan atau vendor apakah benar tiak memiliki jenjang karir, kalau menurut pengalaman pribadi, jengjang karir pasti ada, namun untuk proses mendapatkanya cukup sulit, karena selain dilihat dari prestasi anda juga di pengaruhi dari perusahaan itu sendiri, contoh kecil dari perusahaan PT smartfren ada sebagian dari pekerja yang menggunakan jalur outsourcing menjadi kartap karena prestasinya. jadi artinya memang ada sebagian peruahaan tidak mengambil karyawan tetap dari pekerja yang disediakan oleh outsourcing. dari sini kita harus pintar - pintar memilih perusahaan yang akan kita lamar jika kita menggunakan jalur vendor atau outsourcing,

Potongan upah yang tidak jelas
banyak informasi yang beredar jika bekerja di sebuah perusahaan melalui jalur outsourcing atau vendor itu rawan gaji terpotong dengan alasan yang tidak jelas. apakah itu benar. iya itu benar, tapi berkalu kepada outsourcing yang ilegal. karena sudah jelsa setiap karyawan harus mendapatkan gaji sesuai dengan UMP dan pihak outsourcing mendapatkan fee langsung sebesar 10% dari presentasi gaji karyawanya yang bekrja di perusahaan tersebut tanpa memotong gaji karyawan itu sendiri.

Pengalaman Pribadi kerja dengan jasa outsourcing.
menurut pengalaman saya sendiri, saya pernah bekerjadi perusahaan PT smartfren Tbk perusahaan dari PT sinarmas Group. saya bekerja di Perusahaan tersebut melalui jalur Vendor atau outsourcing PT Must. Pada Waktu PKWT saya di tawarkan Upah gaji Rp. 3.650.000 dan ada potongan BPJS kesehatan, BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS Pensiun dan yang saya dapatkan pun juga sesuai, di bawah ini slip gaji saya.

hampir setiap perusahaan besar dalam proses perekrutan karyawanya menggunakan vendor meskipun ada beberpat perusahaan yang tidak menggunakan jasa tersebut. yang menariknya lagi dari PT must ini dari sisi Gaji selalu transparansi di bandingkan rekan satu kerja saya yang berbenda vendor.

perbedaan lain yang mencolok dari PT MUST ini pada waktu menjelang hari Raya idul fitri, memang menjelang Hari Raya idul fitri ini setiap Vendor di tempat saya bekerja karyawan mendapatkan THR akan tetapi dari Vendor PT must Selain THR Juga memberi Parcel lebaran kepada karyawanya. Waktu itu dari sekian banyak rekan saya hanya dari outsourcing PT must yang mendapatkan parcel lebaran. dari sini saya memiliki penilaian postif terhadap vendor tersebut.

Proses perekrutan outsourcing
pada proses perekrutan ini memang saya lansung di rekrut oleh pihak perusahaan Smartfen itu sendiri, jadi kalau yang saya rasakan perekrutan yang dilakukan oleh vendor itu hanya sekedar formalitas, namun yang menjadi penentu itu adalah interview user atau perekrutan dari perusahaanya langsung.

saya juga pernah menemani kaka saya untuk melamar kerja di outsourcing lain, memang jika di lihat setiap outsourcing memiliki cara sendri untuk merekrut karyaawnya, waktu itu saya mengatarkan kaka saya ke PT Must dan di infokan jika besok di minta menghadiri di PT A namun alhasil tidak ada kabar dari pihak PT must, tapi dari sini bukan berarti PT Must itu jelek, pasti ada beberapa alasan lain yang tidak kita ketahui.

selain itu saya juga pernah mengantarkan kaka saya ke PT VADS prosesnya hampir sama dengan di PT must, kaka saya mengikuti tahap Interview dan menunggu panggilan berikutnya. selain vendor tersebut kaka saya juga pernah melamar kerja melalui vendor MITRACOM, nah adapun vendor yang satu ini memang tebilang sangat berbeda, dari sekita vendor hanya vendor mitra com yang paling Update, kaka saya sering di panggil oleh Vendor tersebut untuk mengikuti interview user, bahkan meski sudah selang waktu lama, selagi data kita masih di sana maka piha mitracom selalu update info.

dari sini bisa disimpulkan jika ingin memulai bekerja melalui jalur outsourcing sebenarnya tidak masalah, semua itu dikembalikan kepada usaha kita masing-masing namun yang perlu di ingat jika anda ingin bekerja melalui jalur outsourcing saran dari saya Lihat Vendor yang akan anda ambil dan Perusahaan yang bekerja sama.


dari sini bisa disimpulkan jika ingin memulai bekerja melalui jalur outsourcing sebenarnya tidak masalah, semua itu dikembalikan kepada usaha kita masing-masing namun yang perlu di ingat jika anda ingin bekerja melalui jalur outsourcing saran dari saya Lihat Vendor yang akan anda ambil dan Perusahaan yang bekerja sama.

jika memang anda menggunakan jalur vendor perbanyak referensi terkait vendor yang akan anda gunakan, memang berita pemotongan gaji karyawan benar adanya, sehingga anda harus benar - benar selektif untuk memilih vendor itu sendiri. memang bekerja melalui vedor memiliki sisi negatif dan positifnya. adapaun sisi positif yang paling moncolok bekerja melalui jalur outsourcing

  • Mempermudah Fresgraduate mendapatakan kerja
  • mendapatkan banyak koneksi info lowongan kerja
  • mendapatkan pelatihan khusus

sebenarnya masih banyak lagi keuntungan menacari kerja melalui outsourcing yang paling menariknya dari sisi outsourcing ini jika kita sudah hibis kontrak maka pihak outsourcing  itu sendiri akan berupaya mencarikan anda pekerjaan baru. namun semua itu di kembalikan lagi ke outsourcing yang anda pilih ya. semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda. silahkan share pengalaman anda di kolom bawah ini terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel