Iklan Atas Artikel

Tertipu Online Shop apakah bisa di Atasi

dketik.com Tertipu Online Shop apakah bisa di Atasi| Bagaimana Penanganan jika kita tertipu belanja online dan apakah pasti bisa di tangani? hingga saat ini penipuan didalam belanja online kerap memakan korban meskipun sudah banyak e-commers resmi hadir di tengah - tengah kita, alasan yang paling mencuat adalah korban tergiur dengan iming yang tidak bisa didapatkan di toko online resmi.
lalu apakah ada cara mengatasi penipuan online agar uang kembali?  ada beberapa situs yang menjelaskan secara gamblang cara mengatasi penipuan online shop, akan tetapi cara tersebut tidak 100% menjamin uang anda akan kembali . jika memang musibah tersebut sudah menimpa kita tidak salah apabila mencobanya. lebih baik mencoba lalu gagal dari pada gagal mencoba. jika memang itu adalah rezeki kita pasti akan kembali,

3 langkah pengaduan ini Apakah manjur ?

sudah banyak diceritakan terkait cara menangani jika seseorang tertipu belanja online, namun bagi penulis ada beberapa hal yang mengganjal terkait info tersebut. tiga langkah pengaduan yang sudah beredar didunia maya apakah benar adanya. ada 3 langkah pengaduan populer di internet :


Mengadu ke Situs Online

Mungkin anda ketika mengetikan di Google tips melaporkan penipuan belanja online yang akan menjadi top trending adalah melaporkan ke situs online, namun dari pelaporan tersebut kira kira apakah bisa menyelesaikan masalah? di bawah ini ada beberapa situs online yang menurut beberapa situs bisa membantu kasus penipuan belanja online .


kredibel.co.id

ada beberapa artikel yang menjelaskan bahwa situ ini bisa menjadi salah satu alternatif terkait penipuan online, namun jika sedikit di pelajari situs ini lebih ke penampuangan online shop yang sudah terblcklist. artinya situs ini lebih ke database toko online scam.

jika di lihat dari cara kerjanya situ ini bisa membantu kita dalam berbelanja online di luar situs resmi seperti Shoppee.co.id, Tokopedia, Lazada, Blibli.com, Bukalapak. karena situs kredibel.co.id ini sudah menyediakan database scam online shop.  jika seseoarang akan melakukan transaksi onlie cukup memasukan no rekening toko onlinenya di situs kredibel.co.id, maka nantinya akan muncul keterangan apakah no rekening tersebut masuk daftar hitam atau tidak.


namun logikanya jika seseoarang menjadi korban pertama kali bagaiman. tentunya situ kredibel.co.id tidak bisa juga menjadi jaminan untuk melacak situs online scam atau tidaknya. dari sini bisa anda simpulkan situs kredibel.co.id tersebgut, namun kredibel.co.id ini di buat dengan tujuan baik, dan cukup membantu kita untuk belanja online.


lapor.go.id

situ ke dua yang populer masuk ternding google untuk melaporkan penipuan belanja onlien adalah lapor.go.id, memang di lihat dari menu yang ditampilakan situs ini memiliki menu yang memang tujuanya untuk pengaduan, namun yang menjadi pertanyaanya apakah situs ini bisa membantu secara maksimal. tentunya jika seseorang tertipu belaja online yang tujuan utamanya adalah uangnya bisa kembal, kira - kira jika seseorang melaporkan kasus nya di situs ini apakah uang pasti akan kembali.

situs lapor.go.id memang dibuat untuk memudahkan kita untuk melaporkan kasus penipuan secara online cukup mengakses situnya kita sudah bisa melaporkan, namun yang menjadi pertanyaanya lagi berapa lama pelaporan ini langsung di tindak lanjuti, ya kurang lebih 3 samapai 5 hari. dari sini anda sudah bisa simpulkan kira - kira selama 3- 5 hari uang yang anda transfer ke sipenipu masih stay di dalam rekeningnya atau tidak, jika sipenipu itu cerdik pasti sudah di bumi hanguskan dari rekeningnya.


Cekrekening.co.id

situs yang populer yang sering dijumpai di internet adalah Cekrekening.co.id, situs ini didalam beberapa artikel dikategorikan situs untuk melaporkan keluhan penipuan online, namun dilihat dari profil nya situ ini merupakan situs resmi kementrian komunikasi dan informatika yang menyediakan nomer rekening yang masuk daftar hitam yang pernah melakukan penipuan online, situs ini menyedidakan menu untuk pelapor, dan menu untuk menghapus nomer rekening yang masuk daftar hitam.


tentunya di lihat dari profil nya sudah terlihat jelas jika situs ini lebih bisa membantu kita untuk melaporkan kasusnya melalui situs tersebut, namun didalam situsnya tidak di jelaskan secara rinci terkait seperti apa hasil laporan kita dan waktu yang dibutuhkan sehingga bisa menjamin uang kembali.


Melaporkan ke kantor Polisi

cara melaporkan kasus peniuan belanja online berikutnya adalah melaporkan ke kantor polisi, namaun apakah menjadi jaminan uang kita akan kembali. cara ini menjadi topik yang trending di berbagai situs. cara prosesnya pihak berwajib akan memberikan penegasan lebih kuat untuk nantinya di bawa ke pihak bank . namun proses ini lebih ke memblokir rekening si penipu, namun yang menjadi pertanyanya kira kira dengan memblokir nomer rekening ini sudah pasti uang yang sudah di transfer tetap aman, sedangkan waktu prses ini kan selesai 5 hingga 7 hari. adapun proses nya sebagai berikut :
  • Screenshoot percakapan
  • bukti transfer
  • cerita kronologinya
setelah dari polisi ternaya tidak sampai disini saja  perjuangan kita, karena masih ada tahap selanjutnya sehingga cara ini memakan cukup waktu dan perjuangan, setelah melaporkan tentunya kita akan mendapatkan dokumen - dokumen untuk memperkuat pelaporan kasus kita  ke bank


melaporkan ke Bank Secara Langsung

setelah anda dari kantor polisi pastinya ada berkas untuk diberikan kepada pihak bank, sehingga sampai disini anda perlu membutuhkan waktu ekstra cepat, jangan samapi uang yang sudah transfer ke rekening penipu ditarik habis. adapun berkas yang akan dibawa sebagai berikut :
  • kartu ATM
  • buku tabungan
  • kpt
  • isi form bermaterai
  • isi form saksi bermaterai
  • kronologis kejadia tulis tangan
kira - kira menurut anda dengan tips diatas ini bisa membantu uang anda kembali lagi.  adapun untuk hasilnya belum bisa dipastikan uang anda kembali. kalau menurut saya sih lebih baik hati - hati dalam bertransaksi onlie meskipun mendapatkan iming - iming yang menggiurkan.

pada tips melaporakan kasus penipuan online jalur bank langsung ini sempat viral di tweeter dan sempat dibahas di situs kaskus.co.id dan mungkin dari anda sempat mendapatkan info ini baik via whatsap atau mediasosial lainya, seperti yang pernah di bahas di forum diskusi kaskus.co.id dengan alur pelaporan sebagai berikut :
  • datang ke bank yang sesuai
  • menyerahkan bukti transfer
  • menceritakan kronologi secara terperinci
  • pihak bank akan menghubungi pelaku dan melacak nomer rekeningnya
  • pihak bank akan membekukan nomer rekening si pelaku
  • pihak bank akan mempertemukan antara anda dengan sipelaku
  • jika pelaku tidak mengembalikan uang anda, maka pihak bank akan menghubungi pihak berwajib
  • pelaku akan masuk ke dalam daftar DPO
  • pelaku harus mengembalikan uang anda
  • pelaku ditangkap dan uang anda kembali
  • jika pelaporan dipihak bank BCA proses 2 hari sudah selesai.
langkah di atas memang banyak mendapatkan respon dari beberapa netizen, ada yang memeberikan komentar terkait yang ia alami dan menggunakan cara di atas namun hingga saat ini belum diselesaikan. berikut salah satu  komentar di situs kaskus.co.id

dari sini sudah jelas bukan? adapun 3 tips ini tidak salah jika dicoba terlebih dahulu,walaupun 3 cara di atas tidak menjamin 100% kasus penipuan belanja online terselesaikan. yang terpenting didalam belanja online kita harus lebih cermat untuk memtuskan membeli produk secara online. salah satunya perbanyaklah referensi terkait toko online yang akan anda beli produknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel