Iklan Atas Artikel

Bagaimana pengalaman saya sebagai Fresh Graduate Melamar Kerja di PT Smartfren

Dketik.com| Jika anda adalah Fresh Graduate yang ingin melamar kerja mungkin cerita saya bisa menjadi referensi. Sebenarnya bagaimana pengalaman saya sebagai Fresh Graduate Melamar Kerja di PT Smartfren  dan pada akhirnya saya bisa diterima bekerja di PT Smartfren, Apakah ada perbedaan Surat lamaran kerja untuk Fresh Graduate dengan yang memiliki lamaran kerja.
Bagaimana pengalaman saya sebagai Fresh Graduate Melamar Kerjadi PT Smartfren
Saya akhirnya diterima sebagai pengawai di PT Smartfren, Memang semua itu membutuhkan proses seperti yang saya alami, Cerita ini berawal dari saya yang baru lulus dari Perguruan Tinggi kesehatan, Pasti anda tahu jika didalam kesehatan kita harus memiliki Surat lisensi yang didapatkan diluar kuliah untuk bisa bekerja, dan saya sudah mendapatkan surat lisensi itu tapi itu gak penting.

Setelah saya Lulus Sebagai Sarjana Kesehatan saya berusaha mencari kerja sesuai profesi saya, Hinga saya menganggur selama 1 tahun, sehingga saya urungkan niat saya untuk mencari kerja sesuai profesi saya.

Pengalaman saya sebagai Fresh Graduate Melamar Kerjadi PT Smartfren


Hingga pada akhirnya saya mulai melamar kerja tanpa melihat profesi sesuai atau tidak, bagi anda yang fresh graduate tidak salah jika melamar kerja yang tidak sesuai profesi, yang terpenting pengalaman yang akan anda dapatkan.

Suatau ketika saya mendapatkan Informasi Walk in PT Smartfren Di sabang jakarta pusat dari teman saya yang juga sedang mencari kerja, Tanpa pikir panjang saya membuat surat lamarn kerja yang sangat sederhana sekali, dengan pengetahuan yang pas-pasan saya membuat surat lamaran.

Surat lamaran memang sangat penting karena itu merupakan cover sebelum HRD membaca buku tentang kita jika menarik maka HRD akan melanjutkan membaca buku itu, namun waktu itu saya hanya menggunakan surat lamaran yang polos, jika anda bisa membuat surat lamaran yang menarik itu lebih baik.

Setibanya di Sabang jakarta Pusat kantor Smartren, kami harus datang awal sebelum jam 09:00, bagi anda yang ingin mengikuti Walk in diharapakan datang sebelum jam 10:00 WIB, karena pengalaman kaka saya ditolak saat melamar melewati jam 10.00 WIB.

Seperti Biasaya saya datang dan mengisi buku Tamu dan menyerahkan katu identitas kepada resepsionish, Hingga akhirnya kami disuruh masuk ke ruang auditorium kalo tidak salah ada di lantai 2 atau 3 saya sedikit lupa,

tempatnya memang menegangkan karena tempat itu memang masih baru sekali bagi saya. tempat duduknya seperti di bioskop hanya saja bentuk kursinya berbeda dan posisi  HRD berjajar di bagian depan karena waktu itu ada sekitar 5-6 HRD.

Sesi Interview

Bagaiman sih rasanya Fresh Graduate mendapat pengalaman interview pastinya nerves itu sudah pasti terjadi tapi anda tidak perlu khawatir, karena ada tips nya gimana cara hadapi nerves.

para pelamar di pisahkan sesuai dengan posisi yang dilamar ada yang Call senter, SGS, dan costumer Service yang akan ditemapatkan di Galery Smartfren, waktu itu saya melamar posisi Call senter untuk persyartana hanya lulusan minimal D3 dan usia maksimal 30 tahun, tapi sekarang sudah berubah untuk maksimal usia 27 tahun.

Surat lamaran pun akhirnya di kumpulkan kemudian dibagikan ke HRD, Hingga pada akhirnya giliran saya di panggil oleh HRD untuk di tanya-tanya soal saya, Dengan suara yang keras "Bapak Rendi setiawan" saya pun beranjak dari tempat duduk saya dengan rasa gugup. namun pertanyaanya cukup mudah :

  • Silahkan perkenalkan diri anda
  • jelaskan apa itu Call senter
  • apakah pernah menggunakan Produk smarttfren
  • berikan contoh kasus bagai mana penangana Call senter
  • Mengapa anda layak Bekerja di posisi ini

Pertanyaan demi pertanyaan saya jawab sebisa mungkin bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa baca cerita saya secara rinci pada sesi intierview yang sudah saya tulis di blog ini, dan tambahan lagi jika anda memiliki skill bahsa inggris maka bisa dicantumkan " KARENA AGEN BAHASA INGGRIS SANGAT DI BUTUHKAN"  di call senter

Baca Juga " Tips cara supaya lolos Interview kerja di Call senter Smartfren "

Bagi yang lolos interview diminta untuk stay ditempat dan yang tidak lolos di persilahkan meninggalkan ruangan, alhamduliha saya lolos dan diberitahu secara langsung oleh HRD pada waktu interview.

kami dikumpulkan dan beritahu jika untuk mengikuti tes berikutnya waktu dan tempat akan di informasikan melalui alamat email akhirnya saya dan teman saya kembali kerumah.

Sesi Psikotes

Lebih tepatnya di bulan januari tanggal 21 saya dan teman saya mendapat email dari HRD smartfren untuk menghadiri sesi psikotes kami pun berangkat bareng.

seperti biasa setiba disana saya harus mengisi buku tamu dan menyerahkan kartu identitas, tidak lama menuggu kami diminta untuk memasuki ruang psikotes dibelakang resepsionis.

jumlah keseluruhan peserta ada sekitar 18 orang waktu itu, untuk psikotesnya ternyata tidak sulit hanya tes koran, yaitu menjumlahkan angka dari atas ke bawah dan diberi aba-aba untuk memberi garis .

Kalo tips dari saya sendiri fokus saja pada penjumlahan hilangkan rasa takut dan jangan hiraukan teman disampingmu, karena jika memperhatikan teman disampingmu itu hanya akan membuat anda semakin gerogi, fokus dan jumlahkan angka itu, saya orang yang kurang pintar menjumlah dibandingkan teman saya namun teman saya kurang fokus sehingga dia belum bisa lolos di tahap ini.

Sesi PKWT

Selang kurang lebih 2 minggu saya menunggu hasil psikotes tersebut, dan tidak samapi disitu saja untuk memudahkan berbagi informasi salah satu peserta waktu itu membuat grup whatsapp.

Di sore hari setelah saya bantu - bantu ayah saya bersih-bersih kalo tidak salah waktu itu sudah menjelang magrib, saya ditelfon dari nomor kantor greter jakarta, apakah benar ini dengan pak bla bla, iya benar sekali jawab saya dengan gembira.

anda lolos psikotes dan silahkan tanggal ini bapak datang ke kantor kami yaitu di sini "saya lupa alamat kantornya" setelah telpon berakhir saya dibingungkan mengapa saya melamar di kantor smartfren namun saya harus datang untuk PKWT di tempat lain

sehingga saya mencari informasi dan ternyata semua pegawai di Smartfren itu melalui Vendor dan saya waktu itu dilewatkan di vendor MUST.

pada waktu di PT Must disana saya baru tahu jika peseta yang bareng dengan saya psikotesnya hanya ada tiga orang saja yang lolos termasuk saya sendiri, namun yang saya herankan lagi peserta yang hadir Untuk penandatanganan PKWT ada yang sudah lolos Psikotes di bulan november 2018 sedangkan waktu itu kami tandatangan PKWT atau kontrak di bulan februari 2019.

dari  sini bagi anda yang sudah lolos psikotes namun belum ada panggilan tandatangan kontrak tidak perlu khawatir tetap optimis dan berdoa, karen seperti peserta yang bareng dengan saya dia harus menunggu 3-4 bulan untuk tanda tangan kontrak.

Tahap Trening

diesokan harinya setelah tanda tangan kontrak saya diminta untuk datang ke kantor smartfren BSD tangerang selatan, untuk mengikuti trening Call senter, selang berjalan kurang lebih satu bulan saya akhirnya harus terjun langsung di lapangan, tahapan trening cukup sederhana meskipun saya ngomongnya blopotan tapi alhamdulilah saya bisa menjadi call senter.

Itulah Bagaimana pengalaman saya sebagai Fresh Graduate Melamar Kerjadi PT Smartfren, bagi anda yang ingin ikut walk in silahka datang saja di kantor Smartfren yang di sabang setiap hari selasa dan kamis.

Baca Juga "Suka duka pengalaman kerja sebagai call senter dikantor PT Smartfren "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel