Iklan Atas Artikel

Fitur terbaru android versi 10 yang wajib diketahui

Dketik.com - Fitur terbaru yang dikeluarkan oleh android 10 ini akan memberikan Pengalaman yang berbeda bagi penggunanya untuk berselancar di ponsel androidnya. Pada fitur terbaru ini menurut dketik.com ada 3 poin yaitu meningkatkan system keamanan, kemudahan akses dan menjaga performa ponsel.
Fitur terbaru android versi 10
Di tahun 2019 memang google sendiri sudah meluncurkan android versi 10 yang hanya bisa ditemukan di ponsel google pixel, namun di tahun berikutnya google mewajibkan setiap produsen Ponsel yang menggunakan system operasi Android harus menggunakan versi yang terbaru, jika tidak maka google tidak akan menerbitkan lisensi mitra yaitu OEM.

Lalu bagaimana dengan versi sebelumnya, bukanya banyak hp keluaran terbaru di tahun 2019 yang masih menggunakan android versi 9, bagaimana dengan nasib mereka. Ada beberapa tipe ponsel saja yang bisa di upgrade ke versi 10, sehingga tidak semua ponsel bisa di update.

Namun ada beberapa sumber menyebutkan jika versi 9 kebawah tidak bisa menikmati fitur baru di android 10, namun beberapa sumber juga mengatakan bahwa android versi sebelumnya bisa di upgrade ke versi 10.

Keuntungan dari fitur android 10

Tentunya ponsel yang diluncurkan di tahun 2020 ini pasti sudah menggunakan versi android 10, dan akan mendapatkan fitur terbaru seperti keamanan system yang lebih kuat, android versi sebelumnya kadang ada beberapa aplikasi yang kita install bisa mengambil dokumen bahkan IMEI akan terekam oleh pihak lain, yang pastinya mereka memiliki akses penuh.

Contohnya mungkin anda pernah mendapatkan SMS misteri, mengapa SMS misteri karena SMS ini bersifat mencoreng nama baik seseorang, memang hal ini ada ples mines nya, kejadian ini sering terjadi bagi mereka yang menggunakan jasa pinjaman dana online, tentunya untuk bisa menggunakan jasa tersebut kita harus menginstal aplikasi dari mereka.

Jika si pengguna jasa tersebut tidak mau membayar tagihan nya maka semua isi kontak nya akan di sadap,. Kemudian pihak penyedia jasa akan mengirimkan SMS ke kontak tersebut mengenai si pengguna jasa yang tidak mau membayar tagihan tersebut.

Fitur android 10


Semenjak google mengeluarkan android 10, tentunya memiliki maksud dan tujuan tersendiri, yaitu untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna ponsel android. Fitur yang baru ini akan benar benar membuat interface ponsel android tersebut berbeda drastis. Namun jangan salah meskipun terlihat berbeda Google tetap membuat android versi 10 ini sangat mudah untuk digunakan.

Dark Mode

Fitur dark Mode ini akan memberikan kenyamanan bagi anda yang lama mantengin layar ponsel, dari sini android 10 sudah memberikan kenyamanan, namun selain itu karena dark Mode ini bersifat menyeluruh yang artinya berlaku bagi semua aplikasi, sehingga konsumen batre akan berkurang dan daya tahan baterai bisa lebih lama.

Caption Live Video

Fitur yang satu ini sangat mengesankan, pasalnya dengan fitur ini akan memberikan subtitle secara live pada video yang kita putar sehingga kita tidak perlu khawatir ketika memutar video di tempat yang bising. Selain itu juga fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet.

System Privasi Super Ketat

Mungkin pada versi sebelumnya hampir semua aplikasi yang kita install masih bisa secara leluasa untuk mengakses IMEI Bahakan data pribadi lainnya dari ponsel kita, meskipun sumbernya dari play store atau google play. Karena sejauh ini terdapat 1500 aplikasi yang memiliki leluasa mengambil data dari ponsel kita. Namun dengan hadirnya android 10 ini, maka aplikasi akan dibatasi untuk mengakses IMEI dan data yang lainnya

System Opsi Perizinan

Apakah anda masih ingat saat menginstal aplikasi dari Google play saat pertama kali, ketika akan mengakses aplikasi tersebut pasti ada dua opsi yaitu izinkan dan tidak izinkan namun pada android 10 ini akan ada satu tambah opsi yaitu izinkan jika dibutuhkan.

Selain itu kita juga bisa mengatur list perizinan setiap aplikasi secara leluasa, karena ada beberapa aplikasi memiliki opsi Perizinan akses yang berbeda-beda. misalanya izinkan akses kamera, izinkan mengakses lokasi anda dan lain-lain. nah disini untuk menjaga keamanan, anda bisa mengatur sesuai kebutuhan anda sendiri.

batton Tersembunyi

Mungkin bagi anda yang pernah menggunakan android versi sebelumnya pasti home batton akan muncul dibagian bawah, nah pada android 10 home batton akan tersembunyi sehingga akan memberikan kesan lebih luas.

Dari sini anda akan disuguhkan dengan menu yang super simpel, diman untuk menu kembali anda cukup mengusap layar ke kiri atau ke kanan, meskipun demikian jika anda merasa kurang nyaman dengan menu tersebut anda bisa beralih ke menu versi lama yaitu home, menu back dan recent app dengan merubahnya di menu setting perangkat.

Mode Fokus

Mungkin pada saat anda menggunakan salah satu aplikasi akan merasa terganggu dengan aplikasi yang tiba-tiba ada notifikasinya, namun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi di android 10, karena anda bisa mematikan sementara aplikasi yang sekiranya mengganggu sehingga anda bisa lebih fokus untuk mengakses di aplikasi tertentu.

Sound amplifier

Jika sebelumnya di android 6 fitur ini sudah ada namun dalam bentuk aplikasi yang harus diinstal, namun pada android versi 10 fitur ini sudah menyatu dengan system operasi.

Dengan adanya fitur ini akan memberikan pengalaman yang lebih nyaman untuk mendengarkan kualitas audio, pengguna bisa mengatur dari audio yang diputar dari mengurangi noise, menyesuaikan dorongan dan menyesuaikan fine - tuning.

Sharing shortcut

Pada android 10 telah menghadirkan menu berbagi yang super cepat yang sebelumnya terkesan lebih lambat, namun dengan fitur ini pengguna bisa berbagi ke aplikasi lain dengan dengan lebih mudah

Notifikasi Bubbles

Pastinya anda sudah tahu bagaimana menu ini, notifikasi Bubbles sudah digunakan oleh aplikasi messenger sejak lama, ketika ada notifikasi maka akan muncul seperti bola, nah pada android versi 10 ini juga sudah menghadirkan fitur tersebut adapun untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa pergi ke menu setting >Developer Options > Bubble.

Smart Reply

Fitur yang satu ini adalah fitur untuk mempermudah membalas pesan masuk Tanpa harus membuka aplikasi. Fitur ini akan menyediakan 3 pilihan balasan namun Anda juga bisa menambahkan teks yang lain. Fitur smart reply harus diaktifkan secara manual untuk mengaktifkan fitur ini misalnya pada gmail maka anda harus masuk di menu pengaturan. Syarat utamanya aplikasi yang akan anda aktifkan smart reply nya harus di update aplikasinya terlebih dahulu.

Format HEIF

Apa itu format HEIF? biasanya kalau anda mengambil foto dari hp android pasti format file adalah jpg, selama inil memang android menggunakan format jpeg untuk hasil jepretan foto.

Kekurangan dari jpg adalah kualitas gambar kurang bagus dan ukuran filenya akan besar di bandingkan dengan Foto dengan format HEIF. tentunya foto dengan format jpeg ini akan memakan banyak memory,

sedangkan format HEIF ini adalah format yang selama ini digunakan oleh Ponsel iPhone. Kualitas foto dengan format HEIF ini lebih bagus dan memiliki ukuran file yang kecil sehingga tidak akan banyak memenuhi memory.

Kesimpulan

Sebenarnya untuk fitur dari android versi 10 ini masih banyak lagi namun fitur di atas merupakan fitur yang sangat menarik. Selain itu android terbaru ini juga memberikan tampilan interface jauh berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya namun masih sangat mudah untuk dioperasikan. Pada pembaruan versi ini google memang benar-benar merubah banyak fitur yang mengedepankan tingkat keamanan yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel