Iklan Atas Artikel

Kekurangan dan kelebihan belajar online

Dketik.com - dengan kemajuan teknologi yang dibarengi akses internet lebih mudah maka banyak orang yang terbantu dengan keadaan tersebut. Informasi lebih mudah untuk didapatkan dan waktu yang sangat fleksibel. Bagi pemain bisnis online bisa menjangkau penjualan hingga di belahan dunia.
Kekurangan dan kelebihan belajar online
Sehingga saat ini banyak bermunculan Jualan online seperti shopee, lazada, Bukalapak dan lain -lain. Adanya situs toko online tersebut kita bisa belanja barang secara online tanpa perlu keluar rumah, mungkin hal ini sangat menguntungkan bagi kita yang bertempat tinggal di kota yang cukup padat kendaraan bahkan orang yang jauh dari pusat kota.

Bagi orang di perkotaan media Belanja online bisa dalam bentuk makanan, seperti yang di sediakan di grabfood atau di gofood.

banyak cara yang beralih ke system online bahakan saat ini sudah ada belajar secara on-line dimana kita tidak harus jauh jauh ke tempat kursus untuk menuntut ilmu tambahan. Kita bisa belajar secara online dengan waktu yang fleksibel.


Kelebihan dan kekurangan belajar online


Dengan adanya belajar online tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, sebelum memasuki hal tersebut, coba kita lihat kebelakang semenjak hadirnya smartphone banyak dari kita lebih tergantung padanya hingga pada akhirnya bisa berdampak pada hakikatnya makhluk sosial, orang akan lebih sukar bergaul secara nyata, dibandingkan dengan secara online, namun disisi lain kehadiran smartphone juga memberikan dampak positif seperti dalam bentuk bisnis bahkan informasi tanpa batas namun semua itu di kembalikan lagi kepada kita sendiri.

Kelebihan

Kehadiran internet telah mengubah cara kita untuk menggapai impian kita, di era digital tidak heran orang bisa menjadi pengusaha lebih cepat prosesnya, seperti jual beli sehingga bisa mencapai belahan dunia, berkomunikasi tanpa batas jarak, informasi tanpa batas. dari sini kita bisa belajar secara online, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari belajar online ini seperti

Waktu yang fleksibel

Belajar secara online ini memang sudah menjamur di kehidupan sehari-hari, dari belajar bisnis online atau belajar untuk meningkatkan nilai akademik. Dengan kehadiran belajar online kita tidak harus keluar rumah sehingga kita bisa mengontrol waktu kita sendiri kapan waktu untuk belajar.


Kemudahan akses

Yang menjadi masalah terbesar di perkotaan adalah ada pada akses transportasi, pasti untuk menjangkau suatu tempat membutuhkan usaha tersendiri, terlebih lagi untuk mengikuti belajar tambahan seperti kursus. Namun dengan belajar online kita tidak harus berhadapan dengan macet selain itu bagi mereka yang jauh dari perkotaan bisa menuntut ilmu lebih Tanpa harus jauh jauh ke kota untuk mengikuti kelas online.

Kekurangan

Banyak penyedia belajar online yang memberikan penawaran harga yang terjangkau, sehingga banyak orang yang beralih pada system belajar online, khususnya para orang tua yang menginginkan anaknya berprestasi atau orang yang berinisiatif untuk menambah pengetahuan di bidang tertentu. Namun di sayangkan dengan banyaknya manfaat dari system belajar online ini juga memberikan dampak yang kurang baik.

Tinkat kegagalan lebih besar

Belajar online memang sangat membantu bagi kita yang memang memiliki niat yang kuat untuk belajar, jika tidak maka akan berujung gagal, misalnya seorang siswa yang di fasilitasi belajar online lewat hp, di waktu yang sama mereka juga bisa mengakses aplikasi lain seperti chat sehingga akan mengurangi Tingkat fokus belajar mereka, dari sini peran orang tua harus lebih ekstra untuk pengawasan.

Kurangnya interaksi

Interaksi adalah tindakan yang harus dilakukan oleh semua orang, dengan andanya interaksi di media belajar akan membuat antara murid dan pengajar bisa menghasilkan hasil yang maksimal Karena di situ akan ada interaksi pengawasan dan tanya jawab.

Namun untuk system belajar online akan menurunkan interaksi antara murid dan pengajar sehingga di sisi lain akan menurunkan velue belajar, juga akan kurangnya kontrol pengajar terhadap muridnya, alhasil jika murid tersebut tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi bisa-bisa akan gagal total.

Kecendrungan kurang interaksi ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kedepannya, terlebih lagi mereka masih di usia dini, yang perlu banyak tempaan arti hidup bersosial.

Kesimpulan

Belajar secara online memang banyak mendatangkan banyak manfaat dan kemudahan, namun di sisi lain akan memberikan dampak yang buruk bagi murid, yang terpenting untuk mengikuti belajar online adalah dilihat dari murid tersebut apakah memiliki motivasi belajar yang tinggi atau tidak? Jika memiliki tentunya kita tidak perlu khawatir, namun jika semangat belajarnya kurang maka kita harus meluangkan waktu kita untuk mengontrol mereka.

Dampak negatif berawal dari kurangnya interaksi sehingga bisa membuat murid tersebut enggan untuk bersosialisasi di dunia nyata karena dampak negatif yang di bawa oleh smartphone cukup besar dampaknya. tanpa kita sadari jika saat ini kebanyakan orang lebih cenderung berkomunikasi di dunia nyata tingkat kepercayaan diri akan mulai berkurang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel