Cara mengatasi Wifi modem terhubung tapi tidak bisa internet

Dketik.com - Bagaiman atasi wifi modem sudah tersambung ke keperangakat leptop maupun hp android namun tidak bisa akses internet? , kondisi ini dimana meskipun sudah tersambung ke jaringan modem namun seperti tidak ada koneksi internet sama sekali,jika hal tersebut terjadi sesungguhnya untuk menangani hal ini caranya sangat mudah untuk dilakukan, karena kita sudah disajikan beberapa cara yang mudah dilakukan oleh beberapa orang  yang terpenting kita membaca panduannya.

Cara mengatasi Wifi modem terhubung tapi tidak bisa internet | Wifi tidak bisa akses internet |  Wifi tidak bisa koneksi internet | Wifi tidka bisa mengakses internet | kenpa wifi tidak bisa mengakses internet | Penyebab wifi tidak bisa akses internet | Jaringan wifi tidak bisa akses internet

Jika WiFi sudah terhubung dengan perangkat leptop maupun ponsel kemudian kita mendapati masih tidak bisa mengakses internet maka yang menjadi hal pertama yang perlu kita cek adalah dari sisi modem dan penyedia layanan internet,

Seperti pelanggan modem Smartfren, masalah yang umum dihadapi oleh pelanggan adalah modem sudah tersambung ke ponsel atau ke leptop namun muncul keterangan non internet akses. pastinya penyebabnya ada banyak. namun berdasarkan dari pengalaman pribadi

Jika kuota sudah habis atau pelanggan tersebut menggunakan paket internet unlimited untuk Ponsel maka kemungkinan terbesar adalah akan muncul notifikasi no internet akses. paket habis atau paket yang tidak terbaca akan memicu munculnya keterangan tersebut.

Baca juga Cara Daftar Paket smartfren Unlimited Untuk modem

Dari contoh kecil tersebut juga berlaku pada semua MiFi, artinya sebelum melakukan tindakan yang lain bisa di cek terlebih dahulu dari sisi modem dan penyedia layanan internet tersebut sehingga solusi nya pasti lebih cepat ditemukan.

Cara mengatasi MiFi modem terhubung tapi tidak bisa internet


Siapa sangka kendala akses internet ini sangat rentan dan sering terjadi, terlebih lagi untuk pengguna WiFi, masalah yang sering terjadi adalah modem sudah terhubung dengan perangkat Ponsel atau leptop, namun Masih tidak bisa akses internet, atau akan muncul notifikasi non internet akses, jika dilihat dari masalah ini memang sedikit membutuhkan perhatian khusus, sehingga bisa terselesaikan.

Untuk penanganan hal ini memang sangat muda jika masih berkaitan dengan si penyedia layanan, karena jika terjadi dari si penyedia layanan kita cukup melaporkan keluhan ini kepada mereka.



A. Cek kuota internet

Langkah yang paling pertama adalah cek dari kuota internet kita atau masa aktif paket internet yang kita gunakan, meskipun modem ini sudah tidak memiliki kuota atau masa aktif paket internet sudah habis maka masih bisa terhubung dengan perangkat lain.

Bahakan kita masih bisa membuka tampilan interface website modem tersebut, interface modem ini biasanya digunakan untuk mengatur semua kerja modem kita, seperti memblokir pengguna, merubah password, merubah nama modem.

Jadi langkah paling pertama adalah mengecek dari paket internet kita, apakah Masi memiliki kuota atau masa aktif sudah berakhir.



B. Cek signal Jaringan WiFi

Setelah pengecekan dari kuota atau paket internet tidak ada masalah, maka langkah selanjutnya pengecekan dari sisi signal, karena keterangan no internet akses ini bisa disebabkan masalah dari penyedia layanan internet itu sendiri. Secara umum ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi akses internet di antaranya :


1. Cuaca

Pastinya dengan kondisi cuaca hujan ini banyak pengguna internet mengalami penurunan performa, memang sejauh ini faktor cuaca bisa menjadi penyebab akses internet menjadi kurang baik, seperti yang dijelaskan pada situs idmntimes jika di perkirakan titik titik hujan akan mengahalangi sinyal internet


2. Topografi

Akses internet juga bisa dipengaruhi oleh topografi, jika lokasi kita terhalang oleh gedung atau dataran tinggi bisa menyebabkan akses internet, karena tower pemancar memiliki kelemahan untuk menembus benda yang cukup tinggi, sehingga akses internet akan melemah,

Mungkin pernah dari kita berada di sebuah gedung yang cukup besar kemudia mengalami internet sangat lambat bahkan signal bar menjadi menurun,jika hal ini terjadi maka kita perlu mencari tempat yang lebih terbuka


3. Peningkatan pengguna

Mungkin hal ini jarang kita dengar dengan peningkatan penggunaan, apakah kita pernah mengalami ponsel kita menjadi lambat pada saat memori internal penuh,

Hal ini sama dengan akses internet, setiap tower privider ini memiliki kapasitas pengguna yang berbeda beda, dari total kapasitas yang disediakan oleh tower tersebut ada standar berapa persen dari kapasitas yang digunakan, misnyan 50% dari kapasitas yang ada, jika penggunaan melebihi 50% dari total kapasitas maka internet akan menjadi lambat



D. Restart Modem

Jika langkah pertama yaitu pengecekan dari paket internet kita hingga pada pengecekan signal tidak ada masalah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan restart Modem, hal ini biasa dilakukan apabila akses internet kita mulai melambat, namun cara ini juga bisa menjadi alternatif lain jika Modem terhubung namun tidak bisa akses internet.



E. Restart atau Mode Pesawat

Setelah kita melakukan restart pada modem tidak ada perubahan maka kita bisa meristar pernagkat yang kita gunakan (leptop atau Ponsel)

Restart dan mode pesawat ini memiliki fungsi yang sama, jika Kita tidak ingin merestar karena membutuhkan waktu yang lebih lama kita bisa menggunakan cara mode pesawat.

Dan mode pesawat ini juga bisa dilakukan di perangkat seperti leptop juga.



F. Reset Modem

Jika dilihat sekilas reset dan restart hampir sama, namun sebenarnya sangat berbeda. Untuk restart sendiri kita hanya mematikan Modem dengan menekan tombol power hingga mati, atau jika di ponsel terdapat Opsi restart perangkat, dimana Ponsel tersebut akan mati dan secara otomatis hidup kembali.Berbeda dengan modem, karena tidak ada pilihan tersebut, jadi kita matikan perangkat dan menghidupkan kembali dengan menekan tombol power.

Sedangkan reset memiliki tombol yang berbeda, meskipun ada di beberapa tipe Modem untuk melakukan reset denga cara menekan tombol power dengan tombol lain secara bersamaan.

Reset Modem ini dilakukan pada saat modem dalam keadaan hidup,

Biasanya cara ini sering digunakan apabila kita lupa dengan password modem. Karena jika Kita melakukan reset pada modem sama saja kita mengembalikan pengaturan Modem tersebut ke pengaturan pabrik.



G. Upgrade Firmware

Mungkin kita sering menjumpai upgrade pada ponsel android, biasanya jika pihak Ponsel sudah memperbarui versi android nya maka akan muncul pada Ponsel kita (tersedia update terbaru)

Ternyata Hal ini juga berlaku pada beberapa modem, namanya upgrade firmware. Jika dari si modem ini sudah tersedia Firmware terbaru dan modem kita masih menggunakan versi yang lama maka akan muncul beberapa kendala

Untuk upgrade firmware ini biasanya dilakukan pada website interface Modem tersebut, namun biasanya bagi modem yang telah memiliki layar bisa dilakukan langsung dari modemnya



H. Mengatur tanggal Pada Perangkat

No internet acess pernah dialami oleh pengguna ponsel android yang menggunakan jaringan WiFi, dari beberapa pengalaman pengguna modem pernah melakukan langkah sederhana untuk mengatasi keluhan ini, yaitu dengan mengatur waktu pada ponsel tersebut yakni meliputi jam dan tanggal, oleh sebabnya kita bisa menyeting waktu dan tanggal secara otomatis.

Memang sejauh ini, pengaturan tanggal hanya dilakukan pada ponsel saja tidak pada perangkat leptop atau komputer, meskipun cara ini terbilang cukup sederhana akan tetapi jika kita mengalami keluhan tidak bisa akses internet tidak salah untuk menggunakan cara ini



I. Reset factory

Dari namanya pastinya kita sudah tahu, metode seperti ini hanya untuk ponsel android saja. Bagi pengguna ponsel pintar yang menggunakan jaringan WiFi, meskipun tersambung akan tetapi masih tidak bisa internetan, maka format factory bisa menjadi jalan akhir.

Memang sejauh ini format factory tidak di sarankan, biasanya jika salah satu pengaturan konfigurasi yang tidak kita ketahui sebagai penyebab akses internet tidak bisa, maka format factory bisa menjadi solusi.

Format factory akan menghapus pengaturan yang tertering setelah penggunaan, dan mengembalikan ke pengaturan bawaan pabrik, tentunya jika kembali ke pengaturan pabrik tidak akan ada masalah, karena pengaturan tersebut sudah melalui tahap uji dari produksi nya



Kesimpulan

Wifi modem yang sudah tersambung ke perangkat Android maupun leptop namun tidak bisa mengakses internet sering terjadi, keadaan tersebut seperti tidak ada koneksi internet sama sekali, tentunya ada banyak penyebab mengapa ini bisa terjadi, pada kasus ini biasanya akan muncul pemberitahuan no internet akses, jika ditelusuri banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai solusinya.

meskipun saat ini banyak sekali merk modem dari Andromax dll, pastinya ada beberapa cara yang berbeda untuk menerapkannya, misalnya upgrade firmware, reset perangkat dll, namun yang terpenting jika kita mengalami kendala tersebut kita bisa mengambil langkah awal yaitu pengecekan dari paket internet, jika tidak ada masalah silahkan melakukan pengecekan ke tahap berikutnya.