Iklan Atas Artikel

kelebihan dan Kekurangan kartu paskabayar Smartfren

Dketik.com - Apa saja sih kelebihan dan kekurangan kartu paskabayar Smartfren? Pastinya sebelum memiliki kartu jenis ini wajib mengetahui kekurangan dan kelebihan nya terlebih dahulu, guna menekan tingkat penyesalan kita.
kelebihan dan Kekurangan dan kartu paskabayar Smartfren
Kartu paskabayar Smartfren memiliki pelayanan tersendiri, jika dilihat dari pengguna kartu Paskabayar merasa jika jaringan lebih bagus.

Namun sebagian pengguna mengatakan sama saja, jika dilihat status nya pasti kartu paskabayar termasuk pelanggan yang perlu diutamakan.

Akan tetapi jika dilihat dari fitur yang didapatkan, maka kartu paskabayar lah yang selama ini selalu menjadi prioritas, karena dari fitur yang didapatkan belum pasti ada pada kartu prabayar, adapun sebaliknya fitur yang berada di kartu prabayar pasti bisa ditemukan di paskabayar.

Adapun fitur yang bisa kita temukan pada paskabayar adalah gratis nelpon ke operator customer service dan fitur ini pasti tidak ada di nomor prabayar.

Meskipun banyak kemudahan yang didapatkan, namun banyak kekurangan dari kartu paskabayar sendiri.


Apa itu kartu paskabayar?

Kartu paskabayar adalah nomor hp dimana kita bisa menikmati layanan baru membayar beban tagihan sesuai dengan jumlah layanan yang telah kita gunakan. jadi kartu paskabar ini pembayarannya diakhir setelah pemakaian. sebaliknya kartu prabayar ketika ingin menikmati layana seperti mendaftar paket maka kita harus membayar diawal sebelum pemakaian.

kartu paskabayar ini memang terbilang lebih sedikit penggunanya dibandingkan dengan nomor prabayar karena nomor prabayar terbilang paling mudah untuk menggunakannya. karean nomor prabayar tidak harus pergi ke galeri operator untuk bisa memiliki nomor tersebut

 Baca juga Cara Membuat Nomor Paskabayar Smartfren

kelebihan dan Kekurangan kartu paskabayar Smartfren


Perlunya referensi sebelum kita mendaftarkan nomor Smartfren menjadi Paskabayar atau membeli dengan memilih kartu paskabayar, ini lebih baik kita lakukan terlebih dahulu.

Karena sifatnya kita menggunakan layanan baru membayar jangan sampai kita tidak bisa mengontrol penggunaan kita.

Pastinya sudah banyak yang merasa dirugikan padahal sebenarnya tidak, seperti halnya tidak pernah menggunakan namun tagihan masih berjalan.


A. Kekurangan kartu paskabayar Smartfren


Dibalik keunggulan yang telah ditawarkan oleh kartu Smartfren paskabayar terdapat resiko yang cukup besar, sehingga kita harus lebih berhati-hati jika sesuatu hal terjadi, karena akan memberikan kerugian bagi pemiliknya. Dari melihat kekurangan ini kita bisa lebih mudah untuk menekan resiko yang ditimbulkannya. Selain itu kita bisa mengambil langkah yang bijak untuk menangani jika hal kurang baik terjadi.


1. Tetap membayar Meskipun tidak memakai

Meskipun tidak ada penggunaan dalam beberapa bulan kita tetap di haruskan membayar minimal pembayaran yang telah di tetapkan. Pada kartu paskabayar Smartfren ini memiliki MMB Rp.25 Ribu. Jika kita tidak menggunakan kartu Paskabayar maka kita akan tetap mendapatkan tagihan.

Bagaimana prinsip dari MMB ini, jadi jika kita tidak menggunakan maka Kita wajib membayar 25 ribu, jika penggunaan kita dalam 1 bulan kurung dari 25 ribu maka tagihan akan dibulatkan menjadi 25 ribu.


2. Memiliki resiko yang besar

Saat kartu paskabayar Smartfren hilang maka harus segera lapor ke pihak operator, karena jika kita tidak melapor maka kartu Paskabayar tersebut bisa bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawa. Karena tangihan tetapakan berjalan atas nama kita meskipun orang lain yang menggunakannya.

Jika kartu kredit dari bank setiap penggunaan harus menggunakan proses verifikasi seperti masukan PIN dll, berbeda dengan nomor paskabayar, setiap terjadi transaksi seperti pembelian Paket, penggunaan kredit limit, tidak membutuhkan kode PIN dll.


3. Tidak bisa merubah menjadi prabayar

Nomor handphone sudah menjadi tanda pengenal yang hampir sama dengan KTP, artinya nomor juga bisa menjadi identitas kita, kekurangan selanjutnya adalah nomor paskabayar Smartfren tidak bisa di ubah menjadi nomor prabayar lagi.

Jika berhenti maka Nomor tersebut akan hangus, misalnya kita memiliki Nomor Smartfren yang sudah banyak teman kita mengetahui sebelum di ubah menjadi paskabayar namun karena lain hal tidak ingin berlangganan Paskabayar kembali pastinya, yang terbersit dalam hati kita ingin mengembalikan menjadi prabayar lagi.

Peraturan ini juga berlaku pada nomor selain Smartfren, seperti pengalaman saya pribadi, pada waktu itu ada tawaran dari provider Telkomsel

Waktu itu CS Telkomsel menghubungi saya dan menawarkan untuk mengubah status nomor saya menjadi paskabayar, karena saya pribadi tidak suka jika memiliki tagihan yang bersifat kontinyu

Maka saya langsung menanyakan kepada cs-nya. Jika kartu saya sudah menjadi Paskabayar apakah bisa menjadi prabayar, akhirnya CS menjelaskan Jika nomor yang sudah menjadi Paskabayar tidak bisa menjadi prabayar.


4. Registrasi Cukup Sulit

Untuk registrasi kartu prabayar manapun kita cuku membutuhkan Nomor Nik dan nomor KK. Cara registrasi nya bis kita lakukan sendiri lewat ponsel kita, hanya membutuhkan waktu beberapa menit nomor kita sudah bisa digunakan saat itu juga.

Berbeda dengan kartu paskabayar Smartfren, untuk mendaftarkan kartu tersebut kita wajib datang ke galeri Smartfren untuk proses nya,

Selain itu ada beberapa tahapan samapai tahapan survei yang membutuhkan waktu 2X24 jam dan kartu kita baru bisa aktif. Pada provider Smartfren ada dua cara untuk memiliki kartu paskabayar yaitu dengan mengganti status Nomo prabayar ke paskabayar dan memilih langsung nomor paskabayar, sehingga dalam nomor Paskabayar ada istilah nomor cantik karena kita bisa memilih nomor kita sendiri


5. Sulit mengontrol penggunaan

Kartu prabayar mengharuskan kita untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan provider, sedangkan kartu paskabayar kita secara otomats memiliki saldo pulsa yang selalu terifres per bulan, sehingga kita dengan mudah lengah akan menggunakan saldo pulsa yang ada.




B. Kelebihan kartu paskabayar Smartfren


Kartu paskabayar memang memiliki keunggulan tersendiri, kayaknya kartu kredit, pemilik dari nomor paskabayar akan mendapatkan beberapa kemudahan dan fitur khusus. Kartu ini biasanya paling sering digunakan oleh para pembisnis, meskipun ada beberapa orang pekerja kantoran juga memiliki nya. Adapun kelebihan dari kartu paskabayar Smartfren sebagai berikut:


1. Gratis Nelpon ke operator

Jika kita memiliki keluhan dari kartu Smartfren tentunya solusi terbaik adalah menghubungi customer care di 888, untuk Smartfren menetapkan tarif Rp. 300 per panggilan, namun bagi pelanggan Smartfren paskabayar tidak dikenakan biaya panggilan sepersen pun.

Memang tidak hanya kartu Smartfren saja, Jenis kartu paskabayar dari provider lain pun demikian. Jika di lihat dari sini pelanggan paskabayar memeliki pelayanan yang lebih baik, berbeda dengan kartu prabayar yang akan dikenakan Biaya setiap menghubungi customer care Smartfren.


2. Layanan panggilan dan SMS di luar negri

Bagi kita yang sering bepergian ke luar negeri pasti tidak luput dari telekomunikasi, pastinya tidak akan mungkin kita bepergian Tanpa membawa alat komunikasi seperti handphone.

Meskipun saat ini kebanyakan orang sudah cenderung menggunakan internet untuk berkomunikasi, namun layanan internet juga memiliki kekurangan dari segi kualitas akses internet nya.

Terlebih lagi pada saat orang yang kita hubungi sedang tidak online pastinya jalan terakhir kita menelpon secara langsung.

Namun sayangnya bagi pengguna kartu prabayar Smartfren tidak bisa menggunakan layanan telepon maupun SMS pada saat di luar negeriBerbeda dengan kartu Smartfren paskabayar, bisa menggunakan layanan telepon dan SMS.


3. Paket unlimited MiFi

Paket unlimited Smartfren dengan harga 50 ribu, 74 ribu dan 100 ribu hanya bisa digunakan di ponsel saja. Namun nomor paskabayar selain bisa mengaktifkan paket unlimited untuk ponsel,juga bisa mendaftar paket unlimited Smartfren untuk modem, memang paket unlimited ini di khususkan untuk pelanggan paskabayar saja


4. Bisa memilih nomor cantik

Nomor Smartfren paskabayar memiliki dua cara untuk mendapatkannya, yaitu dengan memilih nomor langsung sehingga kita bisa menentukan nomor yang mudah kita hafal dan migrasi nomor prabayar menjadi Paskabayar, jadi nomor Lama kita bisa diubah menjadi nomor paskabayar




Kesimpulan


Kelebihan dan keurangan kartu paskabayar Smartfren di atas semoga bisa menjadi referensi bagi kita, perbedaan yang menonjol dari kartu paskabayar dan prabayar adalah terletak pada waktu pembayaran,. Yaitu kartu paskabayar membayar setelah menggunakan layanan dan prabayar membayar di awal sebelum menggunakan layanan.

Namun di balik kekurangan kartu paskabayar Smartfren terdapat fitur unggulan yang tidak ada di nomor prabayar, seperti nelpon Operator untuk keluhan gratis, bisa menikmati layanan telepon dan SMS di luar negeri



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel