Iklan Atas Artikel

Cara ganti nomor SMS banking mandiri lewat ATM

Dketik.com - Bagaimana cara ganti nomor SMS banking Bank mandiri hanya lewat mesin ATM? Cara ganti nomor tersebut kita hanya cukup melakukan dua langkah mudah tanpa antrian bahkan tanpa harus ke kantor cabang.
Cara ganti nomor SMS banking mandiri lewat ATM
Kini bank mandiri telah memberikan kemudahan bagi nasabah nya untuk mengganti nomor SMS banking, berbeda dengan Bank yang lain, pasalnya kita harus datang langsung ke kantor cabang hanya untuk mengganti nomor saja, pastinya kita ketahui yang sangat membosankan untuk mengurus sesuatu ke kanto cabang adalah selain letaknya jauh kita harus menghadapi antrian.

Meskipun SMS banking seharusnya sudah jarang digunakan lagi, karena kebanyakan orang sudah berpindah ke mobile-banking, namun kelemahannya dari e-banking ini pada akses internet, jika jaringan buruk tentunya akan kesulitan untuk bertransaksi,

Walaupun saat ini setiap orang sudah menggunakan ponsel pintar yang terhubung dengan internet, namun koneksi internet inilah yang menjadi kelemahan karena lebih sering ada masalah dibandingkan dengan signal.


SMS banking memang memiliki kelemahan pada Biaya pertransaksi, sedangkan ada dua transaksi yang sering digunakan yaitu transfer dan cek saldo.

Setiap operator provider yang digunakan memiliki kebijakan yang berbeda terhadap Biaya SMS banking pertransaksinya, misalnya untuk Telkomsel berkisar Rp.500 s/d Rp.1000 perttransaksi,

Namun sayangnya pulsa kita juga akan terpotong apabila kita menerima notifikasi SMS banking seperti informasi penarikan atau menerima uang. Karena meskipun kita menggunakan ATM untuk bertransaksi seperti penarikan uang maka SMS banking akan memberikan informasi transaksi tersebut, jika rekening kamu adalah rekening yang selalu ada transaksi di atas 1 juta maka harus ada pulsa yang tidak sedikit.

Tetapi dibalik semua itu SMS banking tidak rentan akan gangguan bahkan bagi bank mandiri sendiri juga sudah mempermudah nasabahnya untuk mengganti nomor SMS banking hanya via ATM.


Cara mengganti nomor SMS banking lewat ATM


Dunia perbankan tidak Pernah sepi, pastinya banyak yang merasa jenuh untuk mengurus perbankan di kantor pusat atau cabang. Misalnya dalam pembuatan mobile banking karena kita tidak bisa membuat nya tanpa campur tangan dari customer service maka kita harus datang ke kantor cabang terdekat.

Akan tetapi pengurusan ganti nomor SMS banking untuk bank mandiri sendiri kita tidak perlu datang langsung ke kantor cabang, sehingga cukup efisien bagi kamu yang memiliki kegiatan super padat. Adapun caranya sebagai berikut:



A. Menghubungi Call Center Mandiri


Menghubungi layanan mandiri 14000 pastinya sangat mudah bukan tanpa harus antri seperti halnya di kantor cabang. Tujuan untuk menghubungi Call Center Mandiri adalah untuk memblokir nomor SMS banking kita yang Lama, karena jika nomor SMS banking Kita yang lama status aktif kemungkinan akan gagal jika langsung membuat SMS banking dengan nomor baru.

Namun meskipun kita sudah menghubungi Call Center Mandiri untuk sebuah pengurus data maka kita wajib melewati tahap verifikasi dari cs. Agar proses verifikasi kita lolos maka kita cukup menyiapkan beberapa dokumen penting yaitu


1. Identitas yang terdaftar

Jika kita menggunakan KTP saat membuka tabungan mandiri maka kita cukup menyediakan KTP kita, data yang penting yang akan ditanyakan paling tidak nomor Nik dan nama lengkap saja


2.  Buku Rekening

Pada buku tabungan ini terdapat data penting yang akan ditanyakan seperti alamat lengkap yang terdaftar di rekening tersebut serta nomor rekening kita sendiri.

Karena hal ini pernah saya alami pada saat pembukaan tabungan mandiri yang di bantu oleh vendor atau yayasan penyedia jasa kerja pada awal saya keterima kerja. Karena data alamat KTP dan di buku tabungan berbeda perbedaannya hanya meskipun hanya sedikit yaitu di KTP saya yg tidak menyebutkan nomor rumah yang saya tinggali sedangkan pada buku rekening saya ada nomor rumah.

Jadi jika ada pertanyaan dari CS terkait alamat lebih baik kita sebutkan dua alamat yang ada di KTP dan ada di buku tabungan Tersebut.

namun pada saat menghubungi call senter tersebut tujuan kita adalah menghapus nomor sms banking kita, pasti kita menyadari pada saat kita berada di kantor bank saja untuk pengurusan data akun bank kita maka kita pasti mendapat beberapa pertanyaan seperti nama ibu kandung dll, pertanyaan tersebut adalah proses verifikasi meskipun pada saat itu sudah jelas-jelas kita bertatap muka denga CS-nya dengan membawa KTP dan buku tabungan.

apalagi kita ingin dibantu via Call Senter tentunya proses verifikasi tidak semudah pada saat datang ke kantor cabang, oleh sebab itu kita harus tahu apa saja pertanyaan untuk verifikiasi :

  • Nama lengakp
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Nomor NIK KTP
  • Nama Ibu kandung



B. Eksekusi Akhir di ATM

Jika nomor SMS banking lama mu sudah berhasil di hapus oleh CS mandiri maka langkah selanjutnya kita cukup datang ke ATM mandiri terdekat untuk proses selanjutnya, yang perlu kamu siapkan adalah nomor baru SMS bankingmu dan kartu ATM. Untuk tahap penggantian nomor SMS banking ini caranya seperti kita pertama kali mendaftar SMS banking, untuk langkah-langkah sebagai berikut

Masukan kartu ATM ke mesin ATM
Pada halaman utama pilih menu E-banking
Lalu silahkan ikuti arahan yang ada seperti memasukan nomor baru
Setelah selesai mengikuti arahannya maka tunggu hingga proses selesai


Note apabila kita sedang berhasil membuat SMS banking dengan nomor yang baru maka kita akan mendapatkan notifikasi SMS dari 3355.



C. Datang Ke kantor Cabang Mandiri

Mungkin bagi kamun yang tidak memiliki pengalaman atau tidak ingin terlalu pusing terhadap penggantian nomor sms banking ini, kamu juga bisa datang ke kantor cabang mandiri terdekat, selain kita bisa mengganti sendiri di mesin ATM pihak bank mandiri juga memberikan pelayanan bagi mereka yang ingin di bantu untuk mengganti nomor sms bankingnya.

tentunya jika kamu memutuskan untuk datang ke kantor cabang mandiri maka kamu wajib membawa dokumen sebegai persyartannya, adapun dokum yang wajib kamu bawa adalah :

  • KTP ( identias diri)
  • Buku Tabungan

Note jadi untuk dokumen yang perlu kita bawa hanya ktp dan buku tabungan, untuk berjaga-jaga kita bisa membawa fotocopy KTP-nya namun biasanya disetiap kantor cabang mandiri sudah menyediakan ala scan jadi nasabah tidak perlu membawa fotocopy KTP





Kesimpulan


Cara ganti nomor SMS banking mandiri lewat ATM hanya membutuhkan dua langkah mudah yaitu menelpon layanannya customer servis mandiri di 14000 untuk memblokir nomor SMS banking yang lama kemudian langkah selanjutnya kita datang ke mesin ATM mandiri terdekat untuk proses terakhirnya.

Jika kita kesulitan dalam mendaftar di mesin ATM maka kita bisa datang ke kantor cabang mandiri denga membawa dokumen lengkap seperti buku tabungan mandiri, KTP silahkan membawa foto copy KTP untuk berjaga-jaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel