3 Cara Copy Paste Tulisan Arab di Ms.Word Agar tidak Terbalik

Dketik.com- Cara copy paste Tulisan arab di Micrososft Word agar tidak terbalik? caranya cukup mudah yaitu ada 3. biasanya ketika mengcopy paste font arab dari internet ke ms word pasti hasilnya akan terbalik dan tidak beraturan sehingga kita bisa menggunakan bantuan word pad, merubaha settinga pada Ms word-nya dan mengaktifkan bahasa arab pada leptop.
3 Cara Copy Paste Tulisan Arab di Ms.Word Agar tidak Terbalik
word pad adalah software bawaan windows, sehingga jika anda ingin menggunakan software ini pastinya tidak perlu lagi instal software baru, karena pada saat intall pastinya akan terinstal juga, namun bagi komputer yang tidak ada wordpadnya bisa menggunakan cara lain yaitu dengan mengaktifkan settingan bahasa arab di microsoft word

Microsoft word adalah softwara bawaan windows yang tidak pernah ditinggalkan oleh penggunanya, apalai seorang maha siswa, untuk menulis segala bentuk bahasa bisa dilakukan di ms word, seperti dengan menulis tulisan arab, bagi yang ingin mengkopy tulisan arab dari internet dan ingin meletakan pada microsoft word secara langsung maka anda harus mensetting terbelih dahulu agar hasil tulisan arabnya tidak terbalik

Selain mensetting dari Microsoft wordnya agar tulisan arab yang dicopy tidak terbalik, anda juga bisa mengaktifkan tools bahasa kemudian menambahkan bahasa arab ke komputer anda. sehingga pada saatmengkopy paste tulisan arab dari sumber lain seperti internet tidak terbalik hasilnya. Adapun 3 Cara Copy Paste Tulisan Arab di Microsoft Word Agar tidak terbalik sebagai berikut

3 Cara Copy Paste Tulisan Arab di Microsoft Word Agar tidak terbalik


Kadang pada saat meng-copy tulisan dari internet ke Microsoft word sering berantakan hasil-nya. terlebih lagi jika mengcopy tulisan bahasa Arab.

selain berantakan juga membuat tulisannya menjadi terbalik. Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan cara  mengcopy tulisan arab ke word berikut ini:
  1. Cara mengcopy tulisan arab lewat word pad
  2. Copy paste font arab dengan settingan word
  3. Cara copy paste tulisan arab dengn tools bahasa


1. Cara mengcopy tulisan arab lewat word pad


Cara yang paling mudah agar hasil copy paste tulisan Arab tidak berantakan dan terbalik adalah dengan bantuan word pad. |Cara copy paste di laptop

Karena word pad adalah software bawaan windows maka bisa langsung anda buka tanpa harus install lebih dulu. berikut cara copas font arab menggunakan word pad:

  1. Jadi kita copy tulisan Arab dari internet dan pindahkan ke word pad
  2. Setelah itu hasilnya dicopy kembali.
  3. Langkah selanjutnya silahkan paste-kan tulisan Arab dari word pad ke Ms.Word, maka hasilnya akan sesuai, atau tidak terbalik

2. Copy paste font arab dengan settingan word

Kalau pun word pad anda sedang ada masalah, atau menginginkan cara lain untuk copy paste tulisan Arab agar tidak terbalik tulisannya.

Maka terdapat alternatif lain yaitu dengan cara mensetting terlebih dahulu Mas.word-nya.

Untuk cara copy paste tulisan arab  dengan menyeting Ms. wordnya bisa dengan  langkah-langkahnya sebagai berikut:

2.1. Microsoft word 2007

Untuk pengguna Ms word 2007 memiliki settingan yang sederahana, dengan berbagai setingan tersebut bisa memudahkan cara copy ayat al quran agar tidak terbalik, berikut langkahnya
  1. Buka pengaturan pada Ms.Word 2007
  2. Buka Word Option
  3. Pili popular
  4. Pada halaman baru silahkan pilih language setting
  5. Cari bahasa Arab (Arabic) klik add
  6. Ok

2.2. Microsoft word 2013

Pada penggunga microsoft word 2013 untuk copy paste tulisan arab dari internet kada hasil tulisannya terbalik, cara agar tulisan arab tidak terbalik di word tersebut bisa menggunakan langkah berikut:
  1. Buka pengaturan Microsoft Word 2013
  2. Pilih menu Option
  3. Pilih menu Language Setting
  4. Cari Bahasa Arab (Arabic) klik add
  5. Silahkan simpan 
  6. Kemudian restart Microsoft word
  7. Silahkan copy tulisan arabnya

3. Cara copy paste tulisan arab dengn tools bahasa


Dengan mengaktifkan tools ini selain bisa membantu agar hasil copy paste tidak terbalik, anda juga bisa menulis bahasa Arab secara langsung.

karena tools ini menyimpan berbagai huruf dari banyak bahasa di dunia termasuk arab, sehingga hal ini akan memudahkan cara mengcopy ayat al quran dari internet ke word

Apabila anda membutuhkan dalam jangka panjang maka mengaktifkan tools bahasa adalah pilihan yang tepat, untuk cara mengaktifkan tools ini bisa  mengikuti langkah berikut ini:

3.1. Windows 2007

Ada banyak cara copas tulisan arab ke word agar tidak terbalik yaitu dengan menggunakan tools bahasa. Untuk mengakatifkan tools ini harus melewati dua tahap.


langkah pertama

Mengaktifkan tools apabila nanati jika sudah aktif maka ikon tools terbsebut akan berada di taskbar yang sejajar dengan ikon baterai pada leptop untuk cara mengaktifkan tools ini sebagai berikut:

  1. Control panel
  2. Clock, language and region
  3. Change Display Language
  4. Keyboard and Language
  5. Change keyboard
  6. Language Bar
  7. Docked in Taskbar

Langkah ke dua

Setelah Tools tersebut sudah aktif maka langkah selanjutnya adalah menambahkan bahasa arab-nya, untuk menambahkan basasa arabnya silahkan mengikuti langkah dibawah ini:
  1. Klik kanan tombol mouse ikon bahasa 
  2. Pilih setting
  3. Pilih menu Add
  4. Pada tampilan add input language
  5. Pilih Arabic ( Saudi Arabia)
  6. beri tanda centang pada ( Arabic 101, Arabic 102, Arabic 102 Azerty
Jika dari cara diatas masih tidak bisa atau kurang jelas anda bisa lihat artikel dibawah ini
Baca juga| Cara menulis bahasa arab di windows 7 ( Ms. Word 2007)

3.2. Windows 8.1

Untuk cara copy paste ayat alquran agar tidak terbalik bagi pengguna windows 8.1 jauh lebih sederhana dalam mengaktifkan tools bahasanya yaitu dengan langkah berikut ini:
  1. Control panel
  2. Clock, language and region
  3. Add a Language
  4. Pilih Arabic 
  5. Pilih Arabic ( Saudi Arabia)


Kesimpulan

3 Cara Copy Paste Tulisan Arab di Microsoft Word Agar tidak terbalik cukup mudah bukan? akan tetepi untuk cara yang pertama yaitu dengan bantuan Word pad sedikit ribet, karena kita harus mengkopy berulangkali dengan melalui dua tahap.

Namun jika untuk jangka pangjang alangkah lebih baiknya menggunakan cara mengaktifkan Tools bahasa, karena dengan tools ini bisa untuk jangka panjang, selain hasil kopy paste tidak terbalik anda juga bisa menulis bahasa arab dengan mudah. 

Tools ini akan membuat keyboard mampu menulis berbagai jenis huruf sesuai huruf yang kita aktifkan dari tools tersebut seperti huruf arab.