Iklan Atas Artikel

Cara Membuat Tulisan Arab di Microsoft Word 2007

Dketik.com - Bagaimana cara membuat tulisan arab di microsoft word 2007? tentu caranya sangat mudah sekali ,bagi anda yang ingin menulis tulisan arab di microsoft word 2007 maka harus merubah settingan pada windows-nya, akan tetapi setiap versi windows memiliki langkah yang berbeda, dan untuk menulis bahasa arab di microsot 2007, anda tidak membutuhkan software tambahan.
cara membuat tulisan arab di microsoft word 2007
Selain bahasa arab windows juga menyediakan banyak bahasa sehingga akan memudahkan anda dalam menulis dengan berbagai bentuk bahasa serta huruf-nya, seperti huruf Mandarin, kore dll.

Tentunya hal ini untuk memudahkan pengguna dari berbagai negara, kemudian bagi anda yang saat ini sedang menempuh pendidikan dengan agama islam pastinya tidak akan lepas dengan tulisan arab.

setiap laporan hingga tugas kampus pasti kita dituntut untuk membuat laporan yang tidak lepas dengan tulisan tersebut, akan tetapi dengan kehadiran windows ini, maka kita bisa dengan mudah membuat laporan dengan bahasa latin dan bahsa arab sekalipun, karena penulisan arab ini sedikit berbeda dari huruf hingga penulisan diawali dari arah kanan maka anda wajib teliti mengikuti cara membuat tulisan arab di microsoft word 2007 ini.


Cara Membuat Tulisan arab di microsoft word 2007


Tulisan Arab pastinya berbeda dengan tulisan latin, kemudian pada keyboard setiap leptop pasti masih menggunakan tulisan latin, tidak sampai disitu saja untuk menulis arab, penulisannya selalu dari sebelah kanan. oleh sebab itu silahkan mengikuti langkah berikut menulis dengan bahasa arab:


Mengaktifkan tools bahasa

Langkah yang pertama adalah dengan mengaktifkan tools bahasa yang biasanya terletak di pojok kanan bawah ( ada tulisan IN yang sejajar dengan ikon baterai), jika tools ini sudah aktif maka langkah ini silakan di skip saja.  Untuk cara mengaktifkan tools ini silahkan ikuti langkah berikut:

1. Control panel
2. Clock, language and region
3. Change Display Language
4. Keyboard and Language
5. Change keyboard
6. Language Bar
7. Docked in Taskbar


Penjelasan
Langkah pertama silahkan untuk membuka Cotrol panel dan silahkah untuk memilih menu Clock, language and region yang ada pada gambar diatas


Region and Language
Pada halaman Region and Language, silahkan pilih menu keyboard and language lalu Pilih menu change Keyboard, untuk contohnya seperti gambar di atas


Halaman Service and Input Language
Jika setelah mengikuti langkah diatas maka anda akan diarahkan ke halaman baru, yaitu  Halaman Service and Input Language. pada halaman ini silahkan berikan cetang pada Docked In The Taskbar lalau klik ok



Menambah Bahasa Arab

Ketika menu tools bahasa sudah muncul ikon-nya. Letak Ikon tools ini sejajar dengan baterai. maka langkah selanjutnya adalah menambahkan bahasa Arab-nya, agar kita bisa menggunakannya di Microsoft word 2007. Untuk caranya sebagai berikut:

  1. Klik kanan tombol mouse ikon bahasa 
  2. Pilih setting
  3. Pilih menu Add
  4. Pada tampilan add input language
  5. Pilih Arabic ( Saudi Arabia)
  6. beri tanda centang pada ( Arabic 101, Arabic 102, Arabic 102 Azerty


Aktifkan Simulator Keyboard

Karena keyboard yang digunakan adalah keyboard dengan huruf latin, oleh sebab itu memerlukan keyboard panduan, keyboard tersebut adalah simulator keyboard dengan huruf Arab yang akan muncul pada layar leptop. Namun apabila keyboard yang digunakan sudah ada tanda tulisan Arab atau mungkin anda memiliki keyboard khusus menulis arab maka cara ini silahkan di SKIP saja. Untuk cara mengaktifkan simulator keyboard sebagai berikut:

1. Pilih menu Start
2. All Programs
3. Accesories
4. Ease Off Acces
5. On-Screen Keyboard



Membuka Microsoft Word 2007

Apabila langkah-langkah diatas sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah membukan Microsoft word-nya, pastikan mengikuti langkah - langkah diatas secara berurut, namun langkah diatas tersbut hanya untuk windows 7 dan XP saja.


Bagaimana cara menulis Arab dari sebelah kanan pada Microsoft word 2007


Meskipun penulisan huruf Arab sudah aktif maka pada saat menulis maka tulisan yang kita ketik akan di mulai dari sebelah kiri, sedangkan untuk penulisan bahasa Arab selalu diawali dari bagian kanan, untuk merubah posisi tersebut bisa dilakukan dengan tekan tombol CTRL+ SHIFT padsa keyboard sebelah kanan

Apabila ingin mengembalikan agar penulisnya diawali dari sebelah kiri lagi maka silahkan tekan tombol CTRL + SHIFT ( pada keyboard sebelah kiri).


Cara menambahkan Harakat Pada Tulisan Arab di Microsoft Word 2007


Pada saat mengetikkan huruf Arab maka, huruf yang terketik tersebut masih dalam gundul atau huruf tanpa harakat, oleh sebab itu apabila ingin menulis dengan bahasa Arab beserta harakat-nya maka perlu penambahan harakat secara manual yaitu setiap setelah mengetikan hruf ditambahkan dengan kode beriut:

  Shift (+) Q Fathah
  Shift (+) A Kasrah
  Shift (+) E Dammah
  Shift (+) W Fathah Tanwin
  Shift (+) R Dammah Tanwin
  Shift (+) S Kasrah Tanwin
  Shift (+) X Sukun
  Shift (+) ~ Tasdid



Kesimpulan

cara membuat tulisan arab di microsoft word 2007 cukup mudah bukan, namun langkah-langkah ini untuk komputer yang masih menggunakan windows versi lama, seperti windows 7, XP dan sejenis-nya, untuk windows 8 ke atas cara settingannya sudah berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel