Iklan Atas Artikel

Cara Setting Jaringan Internet Kartu Smartfren di hp Oppo

Dketik.com - Bagaimana Cara setting jaringan internet kartu smartfren di hp oppo? kenapa harus disetting sebelum digunakan? hal itu karena untuk menghindari gagal konek internet. mungkin pengguna hp oppo pernah mengalami nomor smartfren tidak terdektesi oleh perangkat. jika nomor tidak terdeteksi dan tidak bisa koneksi itu ada dua hal penting untuk dicek yaitu ponsel sudah suport atau belum dan settingan konseksi internet apakah  sudah sesuai.
Cara Setting Jaringan Internet Kartu Smartfren di hp Oppo
Smartfren adalah provider yang hanya menggunakan jaringa 4G saja, selain itu smartfren tidak bisa digunakan di ponsel yang masih 3G, lalu bagaiman dengan ponsel jadul alias hp kentang apakah bisa? jawabanya tidak bisa.

selain identifikasi dari ponsel  juga perlu dilakukan pengecekan dari settingan apakah sudah benar atau belum, hal ini masih berkaitan dengan kartu smartfren hanya menggunakan jaringan 4G saja. rata-rata hp saat ini sudah mengusung dual sim, misalnya hp oppo, jika salah satu pengaturan pada slot kartu menggunakan jaringan 4G, maka salah satu lainnya akan menjadi 3G, walapun notabenya ponsel tersebut ke dua slot-nya sudah 4G dan bisa diaktifkan secara bersamaan.

Jika ponsel oppo menggunakan dua kartu smartfren maka salah satunya tidak bisa digunakan, bahkan tidak akan terdekteksi oleh perangkat, mengapa demikian? karena kartu yang tidak terbaca tersebut slot kartunya tersetting otomatis 3G sehingga kartu smartfren tidak terbaca, cara sederhananya seperti kartu smartfren digunakan dihp kentang maka tidak akan terbaca bahkan hanya panggilan darurat saja.



Cara setting jaringan internet kartu smartfren di hp oppo


Apakah anda sebagai penggunan hp oppo pada saat menggunakan kartu smartfren tidak bisa internetan atau bahkan kartu smartfren tidak bisa terdeteksi, maka anda perlu untuk melakukan pengecekan dari segi ponsel yaitu dari sisi apakah ponsel sudah suport atau belum dan settingan jaringan internet dari ponselnya langsung.


Cek apakah Ponsel oppo sudah suport dengan smartfren

Langakh pertama sebelum menggunakan kartu smartfren anda wajib mengecek ponsel hpnya apakah sudah suport atau belum, karena didalam menggunakan kartu smartfen maka ponsel akan dikategaorikan dua yaitu

1. Ponsel sudah bisa menggunakan jaringan internet tapi tidak bisa menggunakan layanan sms dan panggilan
2. Ponsel sudah bisa menggunakan jaringan internet dan bisa menggunakan layanan sms/ panggilan

Bagaiman cara mengecek ponsel sudah supuport atau belum bisa langsung mengunjungi situs resmi smartfren, disana terdapat tools untuk cek ponsel | Klik disini

Menjadikan Nomor Utama di ponsel dual SIM

Jika anda hanya menggunakan satu kartu saja maka langkah ini silahkan di SKIP . Ponsel oppo pastinya rata-rata sudah menggunakan dual sim, ingat jika nomor tersebut disetting sebagai kartu data seluler artinya nomor tersebut sudah menjadi kartu utama,
 
jika anda sedikit bingung maka sebenarnya cara mudahnya letakan kartu smartfren di Slot satu atau ikuti langkah berikut ini :

1. Pilih menu setting
2. Dual sim dan Jaringan Seluler
3. Pilih Internet
4. Kemudan pilih SIM 1 atau SIM 2 (Pilih Slot yang mengunakan Smartfren)



Setting APN Smartfren di Hp oppo

Menyeting APN disebuah hp android adalah sebuah keharusan, karena APN berfungsi sebagai media yang menghubungkan ponsel ke jaringan internet, jika Settingan APN kurang tepat maka akan berakibat fatal. APN yang tidak sesuai bisa menyebabkan jaringan internet lambat bahkan data seluler tidak muncul meskipun sudah diaktifkan, tentunya dampak dari jaringan yang tidak muncul ini akan mengakibatkan tidak bisa akses internet sama sekali.

APN sendiri setiap operator seluler sudah menyediakan dengan versi mereka masing-masing. dari sini pengguna kartu seluler tidak perlu lagi bersusah payah merumuskan APN-nya, oleh sebab itu agar lebih maksimal dalam mengisi APN maka bisa mengikuti APN standar-nya, bagi pengguna hp oppo untuk setting APN bisa mengikuti langkah berikut

1. Buka menu Pengaturan
2. Pilih menu Sim ganda dan Jaringan seluler
3. Pilih Kartu Smartfrennya
4. Pilih Nama Jalur Akses/ APN
5 Pilih Tanda seru (!) untuk Edit atau Pilih tanda (+) untuk Buat APN baru

Setelah membuka letak settingan APN maka langkah selanjutnya adalah mengisi data APN Smartfren, untuk ponsel oppo keluaran terbaru biasanya APN langsung terisi otomatis, akan tetapi anda perlu mengecek kembali apakah APN-nya sudah sesuai. untuk settingan APN Smartfren untuk Hp oppo silahkan mengikuti data berikut:

 APN Smartfren4G
 Nama Smartfren4G
 Proxy Not set
 Port Not set
 Username smartfren
 Password smartfren
 Server Not set
 MMSC Not set
 MMS Proxy
 Not set
 MMS Port
 Not set
 MCC 510
 MNC 28
 Authentication Type PAP or CHAP
 APN Type default
 APN Protocol IPv4/IPv6
 APN Roaming Protocol IPv4

Note Mohon diperhatikan dalam penulisannya, dari Huruf kapital hingga sepasi-nya, karena jika salah dalam pengetikan maka APN yang anda masukan tidak berfungsi. Setelah Seting APN selesai silahkan simpan dan restar perangkatnya


Cara Atasi Jaringan Smartfren Tidak muncul di hp oppo


Ada beberpa ponsel oppo ketika menggunakan kartu smartren maka kartu tidak muncul signal alias kartu sim tidak terdeteksi, hal ini bisa disebabakan dari si ponsel atau dari si kartu-nya apakah rusak secara fisik atau memang sedang ada maintenance dari pihak smartfrennya, namun sebelum memutuskan untuk menghubungi call senter smartfren, maka bisa melakukan pengecekan sederhana berikut ini:


Cek Ponsel apakah Sudah Suport Dengan Smartfren

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengecek ponsel yang digunakan apakah sudah bisa menggunakan smartfren atau belum, untuk pengecekan ponsel bisa secara manual atau secara online dengan mengunjungi website resminya



Setting Slot Kartu Smartfren

Karena smartfren hanya menggunakan jaringan 4G maka kemungkinan besar tidak bisa digunakan pada hp yang belum 4G, biasanya signal tidak akan muncul apabila kartu smartfen dimasukan di ponsel yang masih 3G.

hal ini juga bisa terjadi pada ponsel yang sudah 4G, khususnya yang menggunakan dual sim, jika salah satu sim card terseting LTE maka sim yang lainnya akan menjadi 3G, oleh sebab itu dipastikan Smartfrennya berada di Slot SIM yang 4G. untuk cara setting Slot Menjadi 4G LTE sebagai berikut:

1. Menu setting
2. SIM ganda & Jaringan Seluler
3. Pilih SIM Smartfren
4. Pilih Jenis Jaringan yang Disukai
5. Pilih 4G/3G/2G (otomatis)


Melepas Sim Seluler lain

Jika pada ponsel yang digunakan menggunakan Dual sim, maka sim yang tidak ada kendala silahkan untuk dikeluarkan terlebih dahulu, sehingga pada ponselnya tersebut hanya menggunakan SIM smartfren saja dan berada di slot satu


Mencoba Kartu sim di Ponsel yang berbeda

Apabila dengan menggunakan 1 SIM pada ponsel tersebut masih tidak muncul juga jaringan-nya maka, disarankan untuk memindah kartu sim tersebut di ponsel yang berbeda, pastikan ponsel yang kedua sudah dicek apakah sudah suport menggunakan kartu smartfren.


Berpindah lokasi

Lokasi dimana kita berada juga bisa mempengaruhi jaringan singal, jika lokasi berada diluar jangkaun operator maka ponsel tidak akan mendapatkan signal sama sekali, area jangkaun signal smartfren kurang lebih 3-4 km dari keberadaan tower pemancar.

selain itu, jaringan signal tidak akan samapai pada ponsel kita karena terhalang oleh gedung atau konter tanah seperti perbukitan dll, sehinga apabila lokasi kita berada di dalam gedung maka silahkan untuk berpindah ke temapat yang lebih terbuka



Menghubungi Call Senter Smartfren

Jika semua cara diatas masih tidak bisa, maka menghubungi Call senter adalah solusi yang terakhir, untuk menghubungi Call senter Smartfren bisa lewat panggilan di 888 atau lewat Live Chat, Email dan Sosial Media seperti Facebook dan Twiter.



Kesimpulan

Cara Setting Jaringan Internet Kartu Smartfren di hp Oppo hanya dengan cek ponsel apakah sudah suport dan yang kedua setting kartu sim berada dijaringan LTE serta setting APN, Karena Smartfren adalah kartu yang hanya menggunakan jaringan 4G maka pastikan berada di SIM satu atau menjadi kartu utama jika ponsel tersebut menggunakan dual kartu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel