Iklan Atas Artikel

cara melamar kerja online lewat email


Dketik.com| Dengan perkembangan dunia digital membuat kita lebih mudah dalam melakukan banya hal, belanja bahakan untuk melamar kerja online. Saat ini kita sudah bisa melamar kerja online lewat email. selalin itu kedatangan internet ini mempermudah kita dalam mencari informasi, jika kita ketikan di beranda google contoh melamar kerja lewat email, maka akan banyak hasil pencarian yang kita cari.
Dahulu sebelum internet poluler dikalangan kita cara melamar para pencari kerja harus datang langsung ke perusahaan yang mebuka lowongan tersebut, namun saat ini kita tidak perlu lagi repot-repot untuk datang langsung untuk melar kerja. cukup melamr via email bahkan kita bisa lewat email hp kita. Meskipun saat ini sudah di permudah dalam melamar kerja tetap saja cara ini juga memiliki etika yang baik dan benar.

Alasan mengapa HRD masih menolak lamaran kerja kita Via email karena masih banyak pelamar yang kuran minim pengetahuan etika melamar via email, dari sini para pelmar harus memperhatikan dengan rinci cara melamar kerja via email. karena hampir setiap merusahaan sudah menerapkan penerimaan calong karryawang yang berkas lamaranya harus dikirim via email maka kita mau tidak mau harus belajar bagaiman membuat atau mengirim surat lamaran kerja dengan baik.
Persayaratan Melamar kerja Via email
  • Surat lamaran kerja
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Scan Ijazah terakhir
  • Scan KTP
  • Scan SKCK
  • Pas Photo
  • Persyaratan Pendukung lainya
Baca juga "Cara Membuat CV dan Surat Lamaran Kerja yang Di sukai HRD"

Cara melamar Kerja Lewat E-Mail
Alasan mengapa HRD masih menolak surat lamaran kerja, tentunya etika, persyaratan dan mungkin CV yang anda kirimkan kurang menarik, sehingga balasan hasil seleksi berkas tidak ada, dari sini kita harus mulai intropeksi diri untuk mengirimkan surat lamaran kerja kita sesuai etika yang baik dan benar, berikut ini cara melamar kerja lewat email.

Mengumpulkan Semua berkas dan ubah menjadi PDF
Memang ada beberapa sumber mengatakan untuk melamar kerja via e-mail bisa dengan menggunakan bentuk berkas doc atau dalam format lainya, namun kali ini mimin sarankan anda mengubah persayaratan berkas yang akan dikirim dalalm bentuk PDF, mengapa menggunakan PDF, dilihat dari cara melamar kerja via email ini dengan alasan agar lebih mudah, simpel dan hemat biaya.

sehingga pengiriman ini pun harus simpel, dengan menggunakan format PDF makan surat lamaran kerja anda lebih simpel dan ukuranya bisa lebih kecil karena maksimal ukuran kurang dari 2 MB. Kika anda menggunakan format selain PDF maka dari sisi ukurn dan Filenya akan membuat HRD enggan untuk mmebukanya.

Untuk File lamaran kerja yang pasti diterima oleh HRD adalah format PDF, dan berkas yang sudah anda Scan kumpulkan dan jadikan satu file dengan Format PDF, nah mimin ada susunan yang sangat manjur agar Surata lamaran kerja Bisa langsung diterima:
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Berkas persyaratan (KTP, IJAZAH, SKCK dan persyaratan Lainya)
  • Surat Lamaran Kerja


Menggunakan Nama E-mail sesuai Nama anda
Semenjak populernya dunia internet banyak, setiap aktivitas pembuatan akun sosial media pasti membutuhkan email sebagai salah satu persyaratan wajib. sehingga tidak heran jika banyak pengguna intenet yang memiliki email lebih dari satu, dan memiliki nama yang unik. dari pembuatan alamat email ini tidak harus seusai dengan nama yang ada pada KTP kita.

Namun dalam etika melamar keja via email alamat email yang kita gunakan harus sesusai dengan nama asli kita yang ada di KTP miminal email anda ada salah satu nama anda yang ada di KTP, mengapa HRD masi menolak Surat lamaran kerja anda, bahkan susrat lamaran anda dimasukan spam, salah satu alasan mendasar andan tidak menggunakan alamat email yang sesuai naman anda namun menggunakan nama alai atau nama aneh.

Wajib Isi Bagian Subjek
Kesalahan yang paling sering terjadi dalam mengirim surar lamaran kerja via e-mail adalah kita kurang memperhatikan informasi yang telah diinfokan oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja, biasanaya perusahaan yang menerima lowongan kerja dengan banyak posisi yang dilamar, sehingga perusahan mengharuskan pelamar kerja untuk mengisi Bagian "Subjek atau Bagian Judul"

Memang ada sebagian perusahaan tidak mengharusakna untuk mengisi bagian ini namun ada kebanyakan perusahaan mengharuskan untuk diisi. karena kesalahan yang sangat spele ini bisa berakibat Surat lamaran kerja adan ditolak atau mungkin tidak terbaca oleh HRD karena kesulitan untuk mencari email dari kita.
Baca juga "Cara Kirim 100 Surat lamran kerja via email dalam sehari"

Contoh Templat Surata Lamaran Kerja Via E-mail

karena pentingnya etika dalam mengirim surat lamaran kerja, maka mau tidak mau supaya bisa diterima keja kita harus meyesuaikan dengan etika yang ada, meskipun faktor lain dari sisi berkas yang kita kirim namun etika tata cara pengiriman surat lamaran kerja juga menentukan apakah surat lamaran kit akan dilihat atau akan masuk spam, berikut ini contoh template surat lamaran kerja lewat email.

Bagian Pertama 
"Kepada" ( diisi alamat perusahaanyang ditujut)
 "CC ataun Tembusan" ( tidak wajib diisi, jika diperlukan saja)
"Subjeck atau Judul Email ( Biasanay diisi posisi yang kita lamar atau Nama kita)

Body Email
Selain anda melampirkan dokumen lamaran kerja, Anda disarankan untuk mengisi bagian pembuka, sehingga surat lamaran kerja anda memiliki nilai ples dari pihak HRD, untuk contoh bagian pembuak mungkin adan bisa disesuaikan dengan kreativitas anda atau mungkin anda bisa mencari di internet. berikut adalah contoh pembuka:

Dear Bapak/Ibu Personalia,
Saya yang bertanda tangan ini :
Nama : ikhsan Nurfadilah
Tempat, tanggal lahir : jakarta, 02-03-1995
Pendidikan : S1 KESMAS
Alamat : Gunung Putri kab.  Bogor
Nomor HP : 01234567890

Dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan surat lamaran kerja beserta data-data pendukung lainnya dalam satu file attachment. Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan.Terima kasih atas perhatiannya.


     Hormat saya,

( ikhsan Nurfadilah )
Melamar kerja lewat email memang terbilang mudah namun anda perlu memperhatikan etika yang ada agar surat lamaran kerja anda diterima oleh HRD, Karen Malamar kerja via email ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan, maka anda harus memperhatikan informsi lowongan keja sehingga berkas lamaran dan persyaratan lainya tidak tertinggal, meskipun cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan melalui email hp, maka anda harus memperhatikan etika yang ada. semoga artikel cara melamar kerjar onlier lemat email bisa bermanfaat amiin.

Sumber
Dream Begis "3 Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat E-Mail"
Liputan 6 "Cara mengirim Lamran Kerja Lewat Email yang Baik dan Benar Agar Mendapat Panggilan"
MamiKos "18 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru 2019 yang Baik dan Benar [pekerja]"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel