Iklan Atas Artikel

Pengalaman melamar kerja call Center di PT Smartfren

Dketik.com Pengalaman saya melamar kerja call Center di PT Smartfren| semakin hari rasanya semakin sulit untuk bisa mendapatkan kerja. saya sebagai lulusan kesehatan masyarakat sempat menganggur selama satu tahun. waktu itu saya fokus melamar kerja sesuai profesi saya yaitu di bidang kesehatan. namun saya harus melewati uji kopetensi terlebih dahulu sehingga bisa bekerja sesuai dengan profesi saya, meskipun saya sudah mendapatkan STR ujikompetensi Perjuangan tidak hanya samapai disitu, saya harus melamar kerja di Rumah sakit atau di instansi kesehatan lainya, terakhir saya sebelum melamar kerja di smartfren saya mencoba melamar kerja di Rumah Sakit Pondok indah Di jakarta selatan, namun taktdir berkta lain.
 
Selama satu tahun dari setelah saya lulus masih saya merasa putus asa dalam mencari kerja. Perasaan tidak enak dengan orang tua yang telah membiayai hidup saya selam ini yang seharusnya mereka sudah bisa menikmati hasilnya, Saya merasa sia-sia kuliah selama 4 tahun.

Namun di suatu hari ada teman yang sama - sema sedang mencari kerja, mengajak saya untuk melamar kerja di PT Smartfren. dia mengirim brosur walk interview lowongan kerja PT Smartfren Jakarta Pusat, kalau tidak salah walk in pada hari selasa tanggal 14 januari 2018.

Akhirnya kami berangkat pangi hari sekitar jam 05:15 dari Bogor, karena  waktu itu perjalanan dari kabupaten bogor gunung putri ke Jakarta pusat cukup jauh. Dengan bermodal Google map kami pun akhirnya bisa tiba di sana, meskipun sempat kesasar kami tiba pukul 08:15 WIB karena sesuai brosur jadwal walk in tepat jam 09:00.

sesampai disana kami tanya - tanya kepada  satpam dan disuruh menunggu di luar, kebetulan waktu itu sudah banyak orang yang akan mengikuti walk in. setelah kami menunggu hingga jam 08:30 kami pun di suruh masuk oleh pak  satpam sekalina parkir motor didalam area kantor, sepertri biasa setelah masuk di ruang tunggu kami harus mengisi buku tamu sesuai posisi yang akan kita lamar dan menyerahkan kartu identitas. waktu itu ada 3 posisi yang dibuka yaitu CSR, CS dan SGS. saya kebutulan melamar posisi call senter dan teman saya melamar posisi costume service.

Pengalaman melamar kerja call Center di PT Smartfren 

Sesi Interview

setalah lama menunggu akhirnya kami disuruh masuk ke ruangan lantai 2 atau 3 waktu itu saya lupa. setelah di kumpulkan satu rusangan kami di pisah berdasarkan posisi yang di lamar, memang waktu itu kebanyakan psosisi SGS. hati dag dig dug membuat saya semakin cemas, berkas kami pun di kumpulkan dan di bagikan ke HRD yang menangani berdasarkan posisi yang di lamar.

hati semakin dag dig dug tidak karuan, ternyata teman saya lebih dulu di panggil untuk interview namun sayang dia tidak lolos karena tidak memenuhi syarat di tinggi badan dan akhirnya di suruh mengikuti interview bagian call senter saja.

singkat cerita saya di panggil oleh HRD, Rasa cemas mulai membuat saya kurang percaya diri, namun pada saat sesy interview ternyata pertanyaan interview yang saya pikir sulit ternyata cukup mudah, kalau tidak salah waktu itu saya disuruh menjelaskan apa itu call senter dan masih banyak lagi pertanyaan lain yang di berikan kepada saya, namun pada waktu itu juga saya di nyatakan lulus.  adapun Pertanyaan Ineterview kurang lebih sebagai berikut:
  • Ceritakan tentang diri anda
  • Apa itu Call senter
  • Bagiaman call senter yang baik
  • Bagaiman menangani jiak pelanggan tidak bisa akses internet
  • Apakah anda Pantas Menjadi Call center ( saya jawab iya, karena saya orang jawa jadi saya orangnya santun dan lemah lembut.
pelamr yang tidak lulus langsung di suruh keluar ruangan, dan yang lulus harus tetap di tempat dan teman saya ternyata dia juga lulus interview call senter. kami di kumpulkan dan di informasikan nanti akan ada sesi psikotes namun di lain hari dan akan di informasikan via email sehingga waktu itu kami di minta untuk mengecek alamat email kita yang di CV apakah sudah benar atau belum.

Baca juga "Tips Cara supaya lolos Interview kerja di Call Senter Smartfren"

Sesi Psikotes

Selang kurang lebih 1 / 2  minggu waktu itu kalau tidak salah di tanggal 23 januari 2019 saya dapat undanagan psikotes  jam 10 pagi. waktu itu saya berangkat dengan teman saya lagi karena waktu itu  sim  saya mati. sesampai di kantor smartfren seperti biasa mengisi buku tamu dan menyerahakan kartu identitas. tidak lama kami menunggu kami pun di minta masuk ke ruangan di belakang tempat duduk resepsionis.

Peserta sekitar 18 orang saja yang di undang untuk Sesi Psikotes, kekhawatir pun mulai tiba, melihat 17 orang lainya sepertinya hanya saya yang paling dungu tanpa pengalaman. waktu itu Psikotes nya ternyata cukup mudah kami hanya mengerjakan tes koran melakukan penjumlahan dari atas ke bawah.

Tapi saya bersyukur dari pengalaman pertama saya ikut psikotes  di rumah sakit Pondok indah memberikan sedikit Rasa pede dan alhamdulilah saya bisa mengerjakan dua halaman hampir selesai. setelah waktu habis kami pun di infokan jika untuk hasil psikotes nanti akan di infokan dari email dan kami pun kembali kerumah.

Sesi PKWT

sepulang dari undangan psikotes ada notifikasi whatsapp " ada undangan Grup Wa baru" ternyat itu adalah grup 18 orang yang mengikuti Sesi psikotes dihari yang sama meskipun tidak semua 18 peserta masuk kedalam grup tersebut. tiba - tiba di tanggal 30 januari jam 16:30 ada telpon kantor, dengan rasa senang saya angkat telponnya, ini dengan pak bla bla ya,, saya jawab iya, begini pak besok di jam 10 ada PKWT di Graha ADPD, Jl. Warung Buncit Raya No.101-H, karena bapak lolos psikotes Seleski PT smartfren dan bisa menghadiri PKWT di tanggal 1 februari 2018.

setelah selesai perbincangan via telphone, saya pun semakin bingug, mengapa saya melamar di jakarta pusat dan harus melakukan PKWT di alamat yang berbeda, akhirnya saya klarisfikasi ke grup psikotes dab ternyata benar jika setelah lolos Psikotes akan di lempar ke Vendor yang telah bekerjasama dengan, waktu itu saya masuk ke Vendor PT must namun sayangnya dari semua teman saya di grup tersebut hanya saya saja yang diterima. karena watu itu teman yang mengajak saya juga tidak di lolos , mau tidak mau saya harus berangkat sendiri ke jakarta selatan dengan Kreta.


waktu itu kalau tidak salah yang ikut PKWT ada setikar 15 orang, dan salah satu peserta yang mengikuti Psikotes di tahun lalu (2017) dan baru di panggil di tanggal 1 februari jadi bagi teman-teman yang sudah lolos psikotes dan tidak ada kabar jangan pesimis ya. 

saya pun mulai berkenalan membangun komunikasi dengan peserta yang lain, ternyata dari sini saya tahu, dari 18 orang yang mengikuti psikotes dihari yang sama dengan saya hanya ada 3 orang yang lolos psikotes. 

Baca juga " Pengalaman kerja melalui outsourcing PT Must"


Sesi Trening Di Kantor Smartfren BSD

pada sesi ini kami trening awal di perkenalkan dengan profil perusahaan, selang 2 hari kami masuk materi produk dan materi sistem selang kurang labih 2 minggu ada sesi dimana kita harus turun ke lapangan call senter untuk melihat lihat dan gabung ke kaka senior yang waktu itu sedang online, sesi berikutnya kami harus terjun langsung untuk online namun masih di bimbing 1 senior hingga kami harus trening langsung sendiri di lapangan namun masih di awasi oleh satu Tema Leader.


Baca Juga "cara melamar kerja online lewat email "

 

Gaji Call Center Smartfren

Wah ini yang di tunggu tungu, siapa yang tidak suka dengan uang, berapa gaji Call senter Di Pt smartfren?  waktu itu baru pertama kali buat saya sendiri mendapatkan gaji dari kerja saya, waktu itu di bulan februari saya medapatkan gaji pertama setengah dari gaji Satu bulan karena perhitunganya pertanggal 15 kalender dan di berikan di setiap akhir bulan. gaji pertma sya kurang lebih 2jt. waktu itu UMK nya sekitar 3,9jt. namun gaji semakin melambung tinggi waktu saya sudah memasuki jadwal kerja shifting,  waku itu kurang lebih setelah di potong BPJS dll saya mendapatkan gaji kurang lebih di atas 4 juta, tidak samapai di sini saja. waktu UMK naik 20% saya bisa menerima bersih hampir atau kadang di atas 5jt.

Baca juga " Suka duka pengalaman kerja sebagai call senter dikantor PT Smartfren "

halo saobat  Dketik.com itulah Pengalaman saya melamar kerja call Center di PT Smartfren. meskipun tidak sesuai profesi saya paling tidak saya masih sangat bersyukur. kalau di ingat kembali memang dari pengalaman saya menganggur selama 1 tahun lebih itu sangat menyakitkan dan melelahkan. selain itu masa menganggur saya bisa menjadi motivasi untuk saya sendiri pada saat saya mulai malas kerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel